Kemendagri Tak Bisa Intervensi Pemilihan Wagub DKI

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 05 Nov 2018 16:53 WIB
Pengganti Sandiaga Uno
Kemendagri Tak Bisa Intervensi Pemilihan Wagub DKI
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id/Adin

Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menunggu proses pengajuan nama wakil gubernur DKI Jakarta. Nama pengganti Sandiaga Uno harus diusulkan PKS dan Gerindra selaku partai koalisi pengusung Anies-Sandiaga di Pilkada DKI.
 
"Kami menunggu saja, kami tidak bisa intervensi," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 5 November 2018.
 
Dia mengingatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera memproses nama pengganti Sandiaga jika sudah diajukan partai politik. Tjahjo berharap polemik pengganti wagub DKI ini tak berlarut. Apalagi, tingkat kompleksitas masalah di Jakarta sangat besar.
 
"Tapi prosesnya kan bukan dari tangan Pak Anies tapi dari parpol ," ujarnya.
 
Politikus NasDem Johnny G Plate menyebut Gerindra dan PKS sebagai partai pengusung terlalu bertele-tele untuk urusan di tingkat DKI.

Baca: Gerindra Anggap Ancaman PKS Gertak Sambal

Ia menyebut sejak 10 Agustus 2018 Gubernur Jakarta Anies Baswedan memimpin Ibu Kota sendirian. Masyarakat Jakarta juga mendesak agar kedua partai pengusung segera mengajukan kandidat pengganti Sandiaga.
 
NasDem pun kata Plate ingin pergantian wagub dilakukan dengan cepat. "Sehingga pemerintahan bisa berjalan efektif dan dapat berjalan baik," kata Plate.




(FZN)