Banjir di Cengkareng Drain Diklaim Surut dalam 2 Jam

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 12 Oct 2018 11:37 WIB
banjir jakarta
Banjir di Cengkareng Drain Diklaim Surut dalam 2 Jam
Cengkareng Drain, Kembangan, Jakarta Barat. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Penanganan banjir di wilayah Cengkareng Drain, Kembangan Utara, Jakarta Barat, diklaim telah maksimal. Banjir diklaim surut dalam hitungan jam.

"Dua jam paling parah, enggak pernah lebih," kata Hidayat, Petugas Satpol PP Kembangan Utara, pada Medcom.id di Kelurahan Kembangan Utara, Jumat, 12 Oktober 2018.

Ia tak menampik kawasan di sekitar Cengkareng Drain kerap kebanjiran. Namun, banjir ditangani cepat. Sejak era Gubernur Joko Widodo, peralatan permanen seperti pompa air mulai diperhatikan.

"Sekarang yang Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) juga cepat. Kalau banjir kita diarahkan jaga per sif," ungkap Hidayat.

Menurut dia, pada tahun 2000, banjir di Cengkareng bisa setinggi 1 meter. Namun, saat ini tidak terjadi lagi.

Hidayat mengaku tak memahami berapa anggaran dana penanganan banjir. Namun, dia memastikan pihaknya bersinergi dengan Kecamatan Kembangan dalam menanggulangi banjir. 

"Jadi, kalau sudah banjir kita infokan ke kecamatan. Kalau dirasa parah, ya, mereka bawa pompa penyedot mobil," kata dia.

Baca: DPRD DKI Desak Anies Normalisasi Sungai

Kawasan di sekitar Cengkareng Drain memang sering dilanda banjir saat musim penghujan. Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Bambang Hidayah menyebut ada delapan kelurahan di wilayah itu, termasuk Kembangan Utara, yang rawan banjir. 

Selain itu, ada 121 kelurahan lain yang terdampak. Wilayah-wilayah itu berada di sepanjang kali yang belum dinormalisasi. Rinciannya, Kali Angke (enam kelurahan), Kali Pesanggrahan (21 kelurahan), Kali Krukut (12 kelurahan), dan Kali Ciliwung (28 kelurahan).
 
Sementara itu, di Kanal Banjir Barat ada 10 kelurahan yang terancam. Di Kali Ciliwung Lama ada sembilan kelurahan, Kali Sunter ada 23 kelurahan, dan Kali Cipinang ada 12 kelurahan.




(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA