Kerja Sama DKI dengan Kota Penyangga belum Membuahkan Hasil

Nur Azizah    •    Kamis, 13 Sep 2018 10:36 WIB
pemprov dki
Kerja Sama DKI dengan Kota Penyangga belum Membuahkan Hasil
Gubernur Anies Baswedan (kanan). Foto: Medcom.id/Nur Azizah.

Jakarta: Kinerja Badan Kerja Sama Pembangunan Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi, dan Cianjur (BKSP Jabodetabekjur) belum terlihat. Kerja sama antarprovinsi ini berganti pengurus sejak 8 Januari 2018.

Saat ini, BKSP Jabodetabekjur dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mengaku sudah memiliki program kerja, tetapi belum ditetapkan secara resmi.

"Sebentar lagi akan kita tetapkan. Sejauh ini pertemuan baru tingkat kota, belum kepala-kepala daerahnya seperti bupati dan gubernur," kata Anies di Velodrome, Jakarta Timur, Rabu, 12 September 2018.

Menurut dia, fokus kerja BKSP Jabodetabekjur terkait pengelolaan air, transportasi, dan penanganan banjir. Anies tak menampik bila kerja sama dengan kota-kota penyangga itu belum ada tindak lanjut.

"Belum," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu singkat sebelum meninggalkan Velodrome.

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim menyebut BKSP Jabodetabekjur terlalu banyak rapat. Namun, hasilnya tidak ada. Dia mencontohkan soal penanganan banjir. Banten, kata dia, butuh sekitar Rp2,5 triliun untuk menjalankan program pencegahan banjir. 
 
"Sudah dikasih tapi masih kecil. Kemarin baru terbatas Rp100 miliar, tapi itu kan seluruhnya untuk tiga kota," kata mantan Wali Kota Tangerang itu beberapa waktu lalu.
 
Baca: BKSP Jabodetabekjur Disebut Banyak Rapat tak Ada Hasil

Menurut dia, dana yang diberikan masih terbilang kecil dengan beban manusia yang tinggal di Banten saat ini. Tangerang pun tergenang lantaran banyak orang yang bekerja di Jakarta membangun rumah di sana.
 
"Tangerang kan banjir juga gara-gara daerah tempat orang tinggal. Jadinya kawasan yang tadinya tidak boleh dibangun jadi dibangun rumah," ungkap dia.
 
Wahidin mengaku sudah berbicara dengan Anies Baswedan, tetapi tidak ada tindak lanjut. "Sudah dari dulu. BKSP rapat-rapat hasilnya enggak ada," pungkas dia. 


(OGI)