PKS Minta Prabowo Menepati Janji demi Nama Baik

Nur Azizah    •    Senin, 05 Nov 2018 17:57 WIB
Pengganti Sandiaga Uno
PKS Minta Prabowo Menepati Janji demi Nama Baik
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua dari kiri). Foto: MI/Mohamad Irfan.

Jakarta: Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DKI Jakarta Syakir Purnomo meminta Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menepati janji. Gerindra disebut pernah menyatakan akan memberikan kursi wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta kepada PKS. 

"Kan sudah punya komitmen, namanya janji ya harus ditunaikan. Sebagaimana janji komitmen PKS untuk memenangkan Prabowo-Sandi Uno (di Pilpres 2019) sesuai keputusan Majelis Syuro, ya kita tunaikan," kata Syakir saat dihubungi, Jakarta, Senin, 5 November 2018.

Menurut dia, Presiden PKS Sohibul Iman dan Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al Jufri ingin menjaga nama baik Prabowo yang sudah berjanji. Hal itu pun bisa menjadi pegangan untuk menagih janji Prabowo.

"Pokoknya, kepentingannya itu saja, menjaga nama baik. Apa yang disampaikan Pak Prabowo sudah saya sampaikan. Jelang deklarasi Pak Prabowo dan Pak Sandi, berjanji bahwa kursi wagub DKI diberikan kepada PKS," ungkapnya.

Bila janji tersebut tak terpenuhi, ia khawatir bakal banyak kader yang kecewa. Hal itu dapat berdampak pada mesin politik di Pilpres 2019.

Baca: Kemendagri Tak Bisa Intervensi Pemilihan Wagub DKI

"Memang di lapangan banyak yang menanyakan komitmen Pak Prabowo kenapa belum ditunaikan dan seterusnya. Kalau muncul ada kecewa kami memahami," tutur dia.

Sore ini, DPW DKI PKS bakal memenuhi undangan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra untuk membahas pengganti Sandiaga Uno sebagai wagub DKI. Pertemuan itu akan berlangsung di kantor DPD Gerindra di Kemayoran, Jakarta Utara.



(OGI)