Ahok Heran Antrean Truk Ada Lagi di Bantargebang

Intan fauzi    •    Senin, 17 Oct 2016 12:54 WIB
tpst bantar gebang
Ahok Heran Antrean Truk Ada Lagi di Bantargebang
Sejumlah truk sampah antre untuk menurunkan sampah di area TPST Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat -- ANT/Risky Andrianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku heran, sejak pengelolaan dipegang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ada lagi antrean truk sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi, Jawa Barat. Padahal, saat masih dikelola PT Godang Tua Jaya, jarang terjadi antrean truk.

"Saya curiga, dulu sewa-sewa truk itu enggak pernah masuk Bantargebang. Makanya, di Ciliwung, di hulunya itu ada tempat pembuangan sampah. Jangan-jangan ambil sampah buangnya di hulu Ciliwung," papar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2016).

Ahok menjelaskan, kekurangan infrastruktur mulai terlihat ketika Pemprov DKI ambil alih Bantargebang. Selain itu, proses pembuangan sampah juga menghabiskan waktu berjam-jam karena jumlah sampah yang diangkut mencapai ribuan ton setiap harinya.

"Di lapangan juga kaget, karena truk masuk (Bantargebang) bawa 8.000 hingga 9.000 ton sampah. Berarti dulu truknya enggak pernah masuk (Bantargebang). Mungkin kan? (Lalu) sampahanya masuk ke mana? Buang ke Ciliwung," ungkap Ahok.


Truk sampah DKI Jakarta melintas di area TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat -- ANT/Risky Andrianto

Menurut Ahok, antrean truk di Bantargebang saat ini terjadi karena jalur belum sepenuhnya diperbaiki. Ia yakin, pengiriman sampah akan lebih cepat jika jalur sudah diperbaiki.

"Makanya saya sudah bilang, manajemen mereka (Pemkot Bekasi) harusnya lebih baik dalam mengatur jalan. Jadi kalau jalan sudah rapi, bisa masuk," kata Ahok.

Sebelumnya, pada Sabtu (15/10/2016) sopir truk pengangkut sampah ke Bantargebang mengeluhkan lamanya antrean untuk membuang sampah. Lama antrean mencapai 12-16 jam.


(NIN)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

13 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA