Pemprov DKI Berkoordinasi Dengan BKSP Tangani Muara Angke

Nur Azizah    •    Senin, 19 Mar 2018 23:12 WIB
sampah jakarta
Pemprov DKI Berkoordinasi Dengan BKSP Tangani Muara Angke
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memungut sampah di Teluk Jakarta. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta bakal berkoordinasi dengan Badan Kerja Sama Pemerintahan (BKSP) Jabodetabek terkait penanganan sampah di Muara Angke, Jakarta Utara. Mengingat, tumpukan sampah di Teluk Jakarta itu juga berasal dari Bekasi dan Tangerang.

"Itu salah satu yang kami bicarakan dalam BKSP, begitu juga dengan pengelolaan dan limbah air, sehingga kita kelola dengan baik supaya semua sungai yang mengalir ke sisi Utara pulau Jawa ini itu bebas dari limbah," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Hutan Mangrove, Muara Angke, Jakarta Utara, Senin, 19 Maret 2018.

Mantan Menteri Pendidikan ini ingin penangan sampah dan limbah air ditangani secara bersamaan dan komprehensif. "Jadi jangan sekedar pismil, kita hibahkan sekian miliar untuk apa. Makanya ini harus diselesaikan secara komprehensif," ungkapnya.

Baca: 25 Ton Sampah Diangkut dari Teluk Jakarta

Upaya sementara yang sudah dilakukan ialah memasang jaring di pesisir dan muara pantai. Tindakan itu untuk menghalau sampah tersebar lebih ke hilir.

"Kita jaring hanya di muara dan pesisir pantai. Di sungai kami sudah banyak sekatan dan saringan," ungkapnya.

Anies mengklaim, tumpukan sampah sudah berkurang 50 ton dan masih tersisa 50 ton lagi. Sampah-sampah tersebut diprediksi sudah mengendap dari Desember 2017.

Sampah yang didominasi plastik makanan ini menumpuk hingga ketinggian 2,5 meter. Setiap harinya, sekitar 400 tenaga gabungan diturunkan untuk membersihkan sampah-sampah tersebut.


(JMS)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

22 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA