Konsep Grand Bazaar Istanbul bakal Diterapkan di Tanah Abang

Haifa Salsabila    •    Kamis, 15 Feb 2018 14:47 WIB
tanah abang
Konsep Grand Bazaar Istanbul bakal Diterapkan di Tanah Abang
Wagub DKI Sandiaga Uno (di podium)/Medcom.id/Haifa Salsabila

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mengunjungi Istanbul, Turki, dalam rangka kunjungan kerja di bidang ekonomi dan pariwisata. Sandi akan belajar mengenai penataan pusat perbelanjaan Grand Bazaar agar bisa diterapkan di Tanah Abang.

"Keinginan kita karena memang Grand Bazaar Istanbul ini sudah ratusan tahun. Tanah Abang juga punya sejarah yang sangat panjang. Kita punya ribuan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ditata tanpa menghilangkan aspek tradisionalnya," kata Sandi usai bertemu Dubes Turki untuk Indonesia Sander Gürbüz di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Februari 2018.

Baca: Sulitnya Menertibkan Tanah Abang

Sandi menegaskan niatan itu baru bisa direalisasikan setelah transit oriented  development (TOD) dibangun di kawasan Tanah Abang. Pembangunan TOD, kata Sandi,masuk program jangka panjang penataan kawasan di pusat Jakarta tersebut.

Sandi berencana mengajak Dirut Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan dalam kunjungan atas undangan pemerintah Turki itu. Kerja sama diyakini membuka banyak kesempatan kerja.

"Untuk memastikan, selain bisnis yang kita akan kembangkan, ekonomi yang akan menciptakan lapangan kerja di Jakarta," ucap Sandi.

Baca: Anies Dinilai Salah Atasi Masalah di Tanah Abang

Politikus Gerindra itu juga ingin mencontoh penataan transportasi dan pembangunan infrastruktur di Istanbul. Beberapa di antaranya, mass rapid transit (MRT). Pembangunan jembatan Bosphorus yang menghubungkan Asia dan Eropa itu, terang Sandi, tak menggunakan satu Lira pun uang pemerintahan setempat.

"Itu semua konsep kita publik, private partnership (PPP) atau sering kita sebut kemitraan pemerintah pada pusat,” terang Sandi.


(OJE)