Pengendara Protes Aturan Ganjil-Genap di GT Cibubur II

Dhaifurrakhman Abas    •    Senin, 16 Apr 2018 10:40 WIB
sistem ganjil genap
Pengendara Protes Aturan Ganjil-Genap di GT Cibubur II
Pengendara yang pelat nomornya tak sesuai diminta mencari jalan alternatif lain - Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Jakarta: Uji coba hari pertama kebijakan ganjil-genap di Gerbang Tol Cibubur II menuai protes dari pengemudi kendaraan pribadi. Pasalnya, pengemudi yang pelat nomor kendaraannya tak sesuai dengan tanggal hari ini harus mencari jalan alternatif lain. 

Hasan, 50, misalnya. Dia tak senang dengan aturan itu, sebab, tengah terburu-buru mengantarkan keluarganya. Sedang, dia harus mencari jalan alternatif lain karena pelat nomor kendaraannya ganjil.

"Mohon maaf pak, ini saya hendak mengantarkan ke Bandara Halim (Halim Perdanakusuma, JakartaTimur). Karena ini bus bandara juga tidak jalan. Mohon pengertiannya pak," protes Hasan, di Gerbang Tol Cibubur II, Jakarta Timur, Senin, 16 April 2018.

Tak cuma Hasan, pengemudi mobil dinas pemerintahan, yang tak mau disebutkan namanya 
ngotot masuk GT Cibubur II. Padahal, petugas sudah memintanya mencari alternatif lain lantaran pelat nomornya ganjil. 

"Saya ini sedang bertugas. Artinya seharusnya ada konsekuensi untuk mengakses jalan, seperti halnya yang diterapkan aturan ganjil genap di Jakarta," beber dia.

Meski banyak pengemudi yang ngotot, namun petugas tak gentar. Cukup lama petugas memberikan penjelasan kepada pengemudi yang tetap ngotot.

(Baca juga: Puluhan Mobil Pelat Ganjil Putar Balik di GT Tangerang II)

Setelah perdebatan alot, pengemudi bersedia mengalihkan kendaraannya ke jalan arteri menuju Tol Jagorawi.

Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benyamin mengungkapkan, pengemudi kendaraan dinas pemerintahan sebetulnya diberikan akses untuk melintas gerbang tol yang terdampak aturan ganjil-genap. Hanya, dengan syarat, memasang pelat nomor polisi RF atau kendaraan dinas pemerintahan yang berwarna merah.

"Kalau pakai pelat hitam, ya tetap kita arahkan ke jalur lainnya. Saya harap mereka ikut aturan karena aturannya seperti itu," tandas Benyamin.

Benyamin menyebut uji coba aturan ganjil genap sudah disosialisasikan secara intensif pada masyarakat. Namun, ia mengakui, masih banyak pengemudi yang ngotot melalui GT Cibubur II meski pelat nomor mereka tak sesuai. 

"Masyarakat masih masuk ke sini karena belum mengerti atau mungkin karena tidak tahu tanggal jadi wajar. Tetapi ketika mereka dialihkan sudah mau menurut," tukas Benyamin.

(Baca juga: Uji Coba Ganjil Genap Tol Jakarta-Tangerang Kurangi Kepadatan 47%)


 


(REN)

ICW: Vonis Novanto tak Bikin Jera

ICW: Vonis Novanto tak Bikin Jera

26 minutes Ago

Koordinator Divisi Hukum dan Monitoring Peradilan ICW Tama S. Langkun, hukuman Novanto tak memb…

BERITA LAINNYA