Pembangunan Sky Bridge Tanah Abang Dikebut

Dheri Agriesta    •    Jumat, 21 Sep 2018 15:07 WIB
tanah abang
Pembangunan Sky Bridge Tanah Abang Dikebut
Pekerja tengah membangun sky bridge Tanah Abang - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Jakarta: Pembangunan jembatan penyeberangan multi guna (sky bridge) Tanah Abang dikebut. Pembangunan dilakukan nonstop 24 jam. 

"Pekerjaan ada dua shift, satu shift itu 12 jam, jadi pekerjaan enggak putus," kata Pelaksana proyek Agus Priyono di Tanah Abang, Jakarta, Jumat, 21 September 2018. 

Shift pertama dimulai sekitar pukul 08.00-19.00 WIB. Sedangkan shift kedua dimulai pukul 19.00 hingga 08.00 WIB. 

Agus mengatakan seluruh material bangunan telah tersedia di workshop yang berada di Tangerang. Perakitan material seperti baja dilakukan di sana. 

Material yang telah dirakit kemudian dibawa ke lokasi sesuai kebutuhan pekerjaan. Sehingga, pekerja di lokasi tinggal melakukan instalasi.

Lantai jembatan menggunakan lempengan beton yang tinggal dipasang. Sehingga, pekerjaan pembangunan lebih ringan. 

Agus menyebut pembangunan jembatan penyeberangan multi guna terbilang mudah karena menggunakan sistem knock down. Pemasangan material satu blok jembatan bisa rampung dalam satu jam. 


Pembangunan sky bridge sudah hampir mencapai 50% - Medcom.id/Dheri Agriesta.

"Makanya kita sistem pengerjaannya bisa cepat ya itu, semua dikebut. Di sini istilahnya sama kita, ibarat orang makan itu kelaparan. Ada material berapa saja sama kita dikerjain," beber Agus. 

Agus mengaku tak ada kendala berarti selama pengerjaan proyek ini. Kini, jembatan yang dibanggakan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno itu rampung sekitar 50 persen. 

"Mudah-mudahan sesuai (target), kita optimistis sajalah," kata Agus. 

Kesibukan terlihat di lokasi proyek bernilai Rp3,5 miliar ini. Pekerja sibuk mengerjakan tugas masing-masing. Dua alat berat terlihat beroperasi di lokasi pembangunan. Alat berat ini fokus memancang tiang baja buat jembatan. 

Bangunan jembatan sudah mulai memperlihatkan bentuknya. Pada bagian jembatan yang dekat dengan Blok F Pasar Tanah Abang, lantai jembatan multi guna telah terpasang.

Sky bridge di Tanah Abang rencananya jadi lokasi integrasi antarmoda transportasi dan dapat menampung hingga 446 pedagang. Jembatan layang itu bakal dibangun di atas lahan sepanjang 386,4 meter dan lebar 12,6 meter.
 


(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA