Sandi Panggil Serikat Pekerja TransJakarta sebelum Demo Besok

Nur Azizah    •    Selasa, 17 Apr 2018 13:04 WIB
transjakarta
Sandi Panggil Serikat Pekerja TransJakarta sebelum Demo Besok
Suasan pertemuan karyawan TransJakarta dan Komnas HAM Juli 2017 - Medcom.id/Arga Sumantri.

Jakarta: Sejumlah Pegawai PT. TransJakarta mendatangi kantor Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Jakarta Pusat. Kedatangan itu untuk memenuhi undangan Sandi.

Setidaknya ada 10 orang pekerja yang mengaku berasal dari Serikat Pekerja Dirgantara dan Transportasi (SPDT) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) PT. TransJakarta. Eldiral, perwakilan serikat pekerja mengaku pihaknya diundang lantaran berencana menggelar aksi mogok kerja besok.

"Pak Sandi sudah tahu dan langsung merespons. Kami diundang ke Balai Kota," kata Eldiral di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa, 17 April 2018.

Ia mengatakan, Sandi ingin tahu alasan FSPMI mogok kerja. Eldiral menuturkan aksi mogok kerja digelar karena manajemen TransJakarta dianggap telah melanggar perjanjian mengenai pengangkatan pegawai berstatus Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) menjadi karyawan tetap.

(Baca juga: Pegawai TransJakarta Merasa Didiskriminasi)

"Perjanjiannya, tertanggal 3 Oktober 2017 itu kan ada 1.847 orang yang harus diangkat menjadi karyawan tetap meskipun kontraknya berakhir," beber dia. 

Namun, sejak perjanjian disepakati pengangkatan tidak juga dilakukan. Sebaliknya, terdapat puluhan karyawan PKWT TransJakarta yang di PHK.

"Yang di PHK kurang lebih 80 orang. Itu bagian dari 1.847 PMWT tadi," ungkap dia. 

Dalam pertemuan dengan Sandi siang ini, ada empat hal yang akan dibahas. Pertama, tentang perjanjian antara manajemen dengan serikat pekerja. Lalu, mengenai permintaan bonus tahunan atas tercapainya target perusahaan.

"Ketiga, pengangkatan 1.847 pekerja PKWT. Terakhir, dugaan pelanggaran terhadap Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 100 Tahun 2004 tentang Ketentuan Pelaksanaan PKWT," kata dia.
 


(REN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA