Puluhan Petugas Disiagakan untuk OTT Pembuang Sampah Sembarangan

Deny Irwanto    •    Minggu, 16 Jul 2017 12:26 WIB
car free day
Puluhan Petugas Disiagakan untuk OTT Pembuang Sampah Sembarangan
Pengunjung yang membuang sampah sembarangan dibawa ke posko/MTVN/Deny Irwanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengunjung car free day di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, tidak bisa sembarangan membuang sampah. Kepala Seksi Pengawas Lingkungan dan Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Prihatma mengatakan, setiap CFD dihelat, 60 petugas akan melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pembuang sampah sembarangan.

"Kita bagi dua. Sebelah kanan posko itu ada 30 yang bergerak, sebelah kiri arah ke Sudirman itu ada 30 orang juga," kata Prihatma di Posko kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu 16 Juli 2017.

Prihatma menjelaskan, setiap pengunjung yang ditangkap karena membuang sampah akan langsung dibawa ke Posko yang terletak beberapa meter dari Bundaran Hotel Indonesia. Setibanya diposko, pengunjung akan didata serta diberi sanksi sosial atau denda Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.

Sementara sanksi sosial diterapkan dalam bentuk pengunjung diminta memungut sampah  sambil menggunakan 'label' bertuliskan 'saya berjanji tidak akan membuang sampah  sembarangan lagi'.

"Untuk edukasi juga, tapi sejauh ini yang di HI ini sudah semakin berangsur (berkurang) lah, sudah mulai ada kesadaran dari masyarakat," ungkap Prihatma.

Prihatma mengatakan, pemerintah pusat akan menambah posko OTT pembuang sampah sembarangan di kawasan CFD. Dengan begitu, pihaknya bisa menekan angka kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

"Ya dalam waktu dekat mudah-mudahan sudah ada penambahan posko. Supaya apa? Supaya masyarakat juga bisa tahu dan menambah inisiatif agar membuang sampah pada  
tempatnya," pungkas Prihatma.


(OJE)