Polisi Periksa 5 ABK yang Terlibat Penyelundupan Sabu 1 Ton

Deny Irwanto    •    Selasa, 18 Jul 2017 07:00 WIB
sabu
Polisi Periksa 5 ABK yang Terlibat Penyelundupan Sabu 1 Ton
Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Gidion Arief Setyawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya melakukan penangkapan terhadap lima anak buah kapal (ABK) Wanderlust di Batam. Mereka diduga terlibat dalam penyelundupan sabu sebanyak 1 Ton. Mereka kini diperiksa sacara intensif di Mapolda Metro Jaya.
 
"Akan dilakukan pemeriksaan mendalam. Kelima tersangka sudah di Polda Metro Jaya, semuanya dalam kondisi aman," kata Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, AKBP Gidion Arief Setyawan di Polda Metro Jaya, Senin 17 Juli 2017 malam.

Baca: Penyelundupan 1 Ton Sabu Gunakan Kapal Pesiar

Gigion menjelaskan, kelimanya merupakan Warga Negara Tawian. Dalam kasus ini, kelimanya ikut berperan membawa sabu dari lautan ke bibir pantai menggunakan perahu karet dari kapal Wanderlust. "Besok akan di rilis lebih lanjut," kata Gidion.
 
Sebelumnya, penyelundupan sabu seberat 1 ton digagalkan aparat gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polres Depok. Penggerebekan dilakukan di Dermaga eks Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten, Kamis 13 Juli 2017 dini hari.
 
Penyergapan bermula dari informasi anggota kepolisian Taiwan yang menyebut bakal ada pengiriman narkoba jenis sabu dari Tiongkok ke Indonesia. Tim lalu bergerak selama dua bulan menindaklanjuti informasi itu.
 
Baca: Dua WNI Diduga Terlibat Penyelundupan 1 Ton Sabu

Empat pelaku dibekuk dalam penggerebekan, yakni Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, dan Liao Guan Yu. Lin Ming Hui tewas ditembak karena melawan dan membahayakan petugas saat penggerebekan. Ia merupakan bos alias pengendali penyelundupan 1 ton sabu ke Indonesia.
 
Satu pelaku lain yang sempat buron, yakni atas nama Hsu Yung Li juga sudah ditangkap. Para pelaku diyakini sebagai jaringan internasional yamg terpusat di Tiongkok.
 
Dari tangan pelaku, polisi menyita total 51 kotak berisi sabu. Sebanyak 27 kotak di mobil Toyota Innova gold, dan 24 kotak di mobil Toyota Innova hitam. Setiap kotak berisi sekitar 20 kilogram sabu.


 


(FZN)