Pergantian Gubernur tak Pengaruhi Revitalisasi Kampung Akuarium

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 18 May 2017 16:35 WIB
penggusuran luar batang
Pergantian Gubernur tak Pengaruhi Revitalisasi Kampung Akuarium
Bangunan permanen dan semipermanen kembali dibangun di Kampung Akuarium. Foto: MI/Galih Pradipta.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergantian gubernur dipastikan tak mempengaruhi revitaliasasi kawasan Kampung Akuarium, Penjaringan, Jakarta Utara. Program itu sudah berjalan dan dipastikan selesai.

"Enggak ada pengaruh (ganti gubernur atau tidak). Kontrak tetap bejalan karena kontrak (pembangunan Kampung Akuarium) sama SKPD (satuan kerja perangkat daerah)," kata Sekretaris Daerah DKI Saefullah di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Mei 2017.

Menurut dia, Kampung Akuarium sudah dalam tahap penyelesaian pembangunan dinding turap. Selanjutnya, ada pengerjaan menyambungkan sejumlah kawasan bersejarah di sekitar Kampung Akuarium.

"(Kampung) Akuarium itu perencanaannya sebagian di ujung utara untuk penghijauan. Nanti bisa dibikin ruang publik atau parkir. Sebelah (Kampung) Akuarium di Pasar Ikannya, bisa menyebrang ke Masjid Luar Batang," terang Saefullah.

Baca: Mempertanyakan Kelanjutan Proyek Wisata Bahari Kampung Akuarium

Pembangunan ini dijadwalkan selesai pada Desember 2017. Proyek ini, kata dia, menghabiskan dana belasan miliar sehingga tak ada alasan untuk menghentikan pembangunan di Kampung Akuarium.

Baca: Penyebab Kampung Susun tak Bisa Dibangun di Kampung Akuarium

"Masyarakat harus mengerti ini upaya untuk membangkitkan kembali sisi pariwisata Kota Tua," tegas Saefullah.


(OGI)