Cicilan Hunian DP Rp0 Diharap Lebih Murah

Fachri Audhia Hafiez    •    Kamis, 18 Oct 2018 08:15 WIB
hunian dp 0%
Cicilan Hunian DP Rp0 Diharap Lebih Murah
Proyek program hunian DP Rp0 bernama Solusi Rumah Warga (Samawa) di Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Warga calon pendaftar program hunian dengan uang muka (DP) Rp0 di Klapa Village, Jakarta Timur, menilai cicilan yang ditawarkan masih terlalu berat. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diharapkan bisa menekan kembali angka cicilan.

Ada dua tipe yang ditawarkan dalam program hunian DP Rp0. Pertama, tipe 36 yang bisa diangsur Rp2,1 juta hingga Rp2,6 juta perbulan selama 15 hingga 20 tahun. Kedua, tipe 21 bisa dicicil 20 tahun dengan cicilan per bulan Rp1,2 juta.

Maya, 48, salah satu peminat dari hunian DP Rp0 berencana membeli tipe 36. Namun, warga Cawang, Jakarta Timur,  itu menilai cicilan Rp2 juta-an perbulan masih terlampau mahal.

"Kalau bisa lebih ringan lagi dari Rp2 juta jadi Rp1,5 juta gitu," kata Maya saat ditemui di lokasi program hunian DP Rp0, Rabu, 27 Oktober 2018..

Yeni, 42, mengungkapkan hal yang sama. Dia berharap tipe 36 yang diimpikannya bisa dicicil maksimal Rp2 juta.

"Orang kan kalau penghasilan di bawah Rp7 juta gitu kan masih punya tanggungan anak, buat sekolah. Kalau buat cicilan rumah semua buat makannya kapan dong," tutur Yeni.

Kendati demikian, Maya dan Yeni bakal menyanggupi angsuran yang ditetapkan bila terpilih sebagai penghuni hunian DP Rp0 andalan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun, keduanya harus bersaing dengan ribuan warga Jakarta lainnya.

"Kalau bisa dapetin alhamdulillah, soalnya saya sudah lama ngontrak," ucap Yeni.

Baca: Peminat Hunian DP Rp0 Diklaim Mencapai Ribuan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuka pendaftaran hunian DP Rp0 pada 1 November 2018. Seluruh calon pendaftar harus melengkapi sejumlah persyaratan yang ditentukan.

Sebanyak 780 unit hunian yang terbagi dalam dua tipe dibangun dalam satu tower. Hunian DP Rp0 Klapa Village ditargetkan selesai Juli 2019. Sementara itu, saat ini pembangunannya masih tahap struktur atas.

"Pembangunannya saat ini 16-17 persen, range-nya ya. Saya belum bisa memastikan (persisnya) berapa," kata Wakil General Manager (GM) Kerja Sama Operasi (KSO) PD Pembangunan Sarana Jaya Rizalhan ditemui di lokasi.


(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA