Pembangunan MRT Fase II Dimulai Bulan Ini

   •    Selasa, 08 Jan 2019 16:22 WIB
Proyek MRT
Pembangunan MRT Fase II Dimulai Bulan Ini
Direktur Utama PT MRT Jakarta William P. Sabandar. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Jakarta: PT Mass Rapid Transit (MRT) akan melakukan groundbreaking fase II bulan Januari ini. Fase II akan terbentang dari Bundarah HI hingga Stasiun Jakarta Kota.
 
Direktur Utama MRT William Sabandar mengaku sudang mengantongi kontraktor yang akan menggarap proyek tersebut.
 
"Kita sedang merencanakan prosesnya. Sudah dapat (nama kontraktor) pemenangnya dan Januari akan groundbreaking RSS (gardu distribusi listrik/receiving substation)," kata William, Selasa, 8 Januari 2019.

Baca: JICA Siapkan Pinjaman untuk MRT Fase III

William mengungkapkan, Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim sudah melakukan rapat dengan Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) untuk mendapatkan rekomendasi. Pasalnya akan dibangun stasiun di kawasan Monumen Nasional, tepatnya di depan Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
 
"Lahan sudah ada, sekarang tinggal rekomendasi Setneg. Stasiun di depan Kementerian Perhubungan. Kita harus dapat rekomendasi Setneg karena Monas kawasan ring 1. Sekarang sedang dalam pembahasan, mudah-mudahan segera keluar," kata William.
 
William menjelaskan, rekomendasi Setneg dibutuhkan karena terkait pengamanan Istana Kepresidenan Jakarta yang hanya berjarak 500 meter dari lokasi pembangunan stasiun.
 
Sebelumnya, PT MRT Jakarta telah menentukan nama kontraktor pemenang lelang paket untuk Gardu Induk Monas pada Desember 2018. Nama PT Trocon Indah Perkasa keluar sebagai pemenang dengan harga penawaran sebesar Rp21,7 milliar. (Vallentina Chelsea)




(FZN)