Warga Bantaran Kali Ciliwung di Manggarai Mengaku tak Pernah Kebanjiran Lagi

Faisal Abdalla    •    Kamis, 16 Nov 2017 10:51 WIB
normalisasi sungainormalisasi ciliwung
Warga Bantaran Kali Ciliwung di Manggarai Mengaku tak Pernah Kebanjiran Lagi
Ilustrasi--Bantaran Kali Ciliwung di RT 06 RW 04 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet Jakarta Selatan--Metrotvnews.com/Faisal Abdalla

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta berencana menertibkan kembali kawasan hunian di sepanjang bantaran sungai yang menyebabkan banjir. Salah satunya pemukiman di bantaran Kali Ciliwung.

Metrotvnews.com mencoba menelusuri bantaran Kali Ciliwung di RT 06 RW 04 Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet Jakarta Selatan. Meski tinggal di sepanjang bibir Kali Ciliwung, warga mengaku sudah tak pernah kebanjiran.

"Terakhir banjir itu waktu 2007, sekarang sudah tak pernah lagi. Lihat saja meski saat ini Kali Ciliwung siaga III, tapi masih mengalir lancar," ujar Sekertaris RW 04 sekaligus ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Manggarai, Suratman kepada Metrotvnews.com, Rabu, 15 November 2017.

Baca: Anies Masih Pikir-pikir Relokasi Warga Bantaran Sungai

Suratman mengakui sejak bantaran Kali Ciliwung di Bukit Duri dinormalisasi, aliran air menjadi semakin lancar. Selain itu lebar sungai yang melintasi wilayahnya juga masih cukup memadai, sehingga warga tak pernah merasakan banjir lagi.

"Kalau di sini lebarnya masih aman, kira-kira 30-40 meter, bahkan bertambah lebar terus karena terkikis. Kalau banjir paling hanya sampai Bukit Duri, tapi sekarang Bukit Duri juga sudah jarang banjir karena normalisasi," imbuh Suratman.

Hal tersebut juga diakui Sanih, salah seorang warga. Ia menuturkan wilayah tempat ia bermukim tidak pernah terendam banjir.

"Jarang sekali, kalaupun banjir ya paling semata kaki, tidak sampai membuat warga harus mengungsi," pungkas Sanih.

Baca: Hunian di Bantaran Kali Hambat Penyerapan Air Tanah

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan bakal menertibkan bangunan yang menyebabkan banjir dan terbukti ilegal. Dia geram karena kawasan selatan Jakarta kembali banjir, kemarin.

"Kalau melanggar harus ditertibkan dong," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 13 November 2017.


(YDH)

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

3 hours Ago

Fahri membeberkan, di dalam Lapas Nazar memiliki body guard¬†yang bertugas melindungi dan …

BERITA LAINNYA