Antisipasi Difteri, Sandi Ingin Sosialisasi Vaksin Digalakkan

Faisal Abdalla    •    Rabu, 06 Dec 2017 01:41 WIB
anies-sandi
Antisipasi Difteri, Sandi Ingin Sosialisasi Vaksin Digalakkan
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno - MTVN/Faisal Abdalla

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menginginkan sosialisasi vaksin digalakkan. Hal tersebut untuk mengantisipasi penyebaran penyakit Difteri.

"Kita harus waspada dan Bu Menteri Kesehatan juga sudah memastikan bahwa gagal vaksin itu salah satu penyebab daripada difteri ini," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa 5 Desember 2017.

Sandi menilai sosialisasi vaksin di DKI Jakarta saat ini belum maksimal. Ia menegaskan akan memerintahkan dinas terkait untuk menggalakkan program vaksinasi sehingga DKI Jakarta tidak rentan terpapar penyakit difteri.

"Saya ingin membantu Dinas Kesehatan untuk meyakinkan masyarakat bahwa kegiatan-kegiatan preventif dan promotif seperti vaksin ini menjadi fokus utama pelayanan kesehatan, sehingga DKI menjadi tidak rentan terhadap masuknya penyakit yang sebetulnya bisa ditangani sebelumnya. Tapi kembali lagi karena vaksin ini tidak mendapat sosialisasi yang baik karena kampanyenya kurang. Jadi ini jadi PR besar buat kita" lanjut Sandiaga.

Pada 2017, sedikitnya ada 591 kasus infeksi difteri yang dilaporkan oleh 20 provinsi. Angka kematian dari laporan tersebut sekitar 6 persen dari jumlah total kasus.

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan imunisasi Td atau tetanus difteri. Warga juga perlu memahami difteri menular dari manusia ke manusia.


(LDS)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

12 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA