KPK DKI Diyakini Bawa Perubahan di Indonesia

Faisal Abdalla    •    Jumat, 05 Jan 2018 14:12 WIB
tim gubernur anies-sandi
KPK DKI Diyakini Bawa Perubahan di Indonesia
Bambang Widjojanto--MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Ketua Komite Pencegahan Korupsi (KPK) DKI saat ini tengah merancang suatu sistem pencegahan korupsi. Sistem tersebut diyakini akan membawa perubahan, bukan hanya untuk Jakarta, tapi seluruh Indonesia. 

"Kami sedang membangun suatu infrastruktur pencegahan korupsi. Kalau itu berhasil, ini akan jadi perubahan fundamental bagi Indonesia," ujar Ketua KPK DKI Jakarta Bambang Widjojanto di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat, 5 Januari 2018. 

Baca: KPK DKI Anggap Inspektorat sebagai Partner

Bambang optimistis apa yang sedang dikerjakan menjadi insiparsi bagi daerah lain. Ia berambisi KPK DKI Jakarta bisa membawa perubahan positif yang dapat dicontoh. 

"Karena Jakarta adalah barometer dan inspirasi bagi daerah lain. Bayangkan kalau seluruh pemilihan kepala daerah di Indonesia nantinya bisa mencontoh success story yang sedang kita bangun hari ini, di tempat ini," kata Bambang. 

KPK DKI Jakarta bertugas melakukan tindakan preventif terhadap praktik-praktik korupsi dengan cara membangun sistem anti-korupsi, meningkatkan integritas aparatur sipil negara (ASN), serta membumikan budaya antikorupsi kepada masyarakat. 

"Karena pencegahan yang hebat merupakan bagian dari penindakan. Ini yang disebut offensive prevention," kata dia.



(YDH)