Anies Tarik Seluruh Hak Guna Bangunan Pulau Reklamasi

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 09 Jan 2018 16:55 WIB
reklamasireklamasi teluk jakarta
Anies Tarik Seluruh Hak Guna Bangunan Pulau Reklamasi
Foto udara pulau hasil reklamasi di Teluk Jakarta. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkirim surat kepada Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil soal tanah pulau reklamasi. Dia meminta Menteri ATR menarik seluruh surat legal terkait pulau reklamasi.

“Pemprov (Pemerintah Provinsi) DKI menarik kembali seluruh surat terkait dan atau berdampak pada penerbitan hak guna bangunan (HGB) kepada pihak ketiga,” kata Anies dalam surat yang ditulis pada 29 Desember 2017.

Anies juga meminta agar Badan Pertanahan Nasional (BPN) tidak menerbitkan HGB di kemudian hari. HGB yang sudah diberikan di Pulau C, Pulau D, dan Pulau G juga diminta dicabut. 

Kepala Biro Hukum Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Yayang Yuhana membenarkan surat dengan nomor 2373/-1.794.2 tersebut telah dikirimkan. Namun, Yayan enggan berkomentar lebih lanjut terkait surat tersebut.

Baca: Sandi akan Pastikan Status Pulau Reklamasi

Dia juga bungkam saat ditanya mengenai proses hukum terhadap biaya yang telah dikeluarkan pihak ketiga. Dia meminta semua pihak menunggu hasil tinjauan ulang dari kementerian terkait.

“Nanti seperti apa BPN merespons ya kita obrolin lagi. Tunggu saja nanti hasilnya BPN seperti apa,” kata dia, Selasa, 9 Januari 2018.



(OGI)