Pilkada Serentak 2017

Rapat di Cikeas Inventarisasi 3 Nama Calon Penantang Ahok

M Rodhi Aulia    •    Kamis, 22 Sep 2016 16:17 WIB
pilgub dki 2017
Rapat di Cikeas Inventarisasi 3 Nama Calon Penantang Ahok
Ilustrasi--Suasana usai pertemuan Koalisi Kekeluargaan di Rumah Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar tiba di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengaku agenda siang ini melanjutkan hasil rapat empat partai tadi malam. Terdiri dari PPP, PKB, Demokrat dan PAN.

"Hari ini melanjutkan inventarisasi tiga nama yang mengerucut, dan mengkonfirmasi kesediaan mereka," kata Cak Imin di Kediaman SBY, Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis (22/9/2016).

Menurut Cak Imin, pihaknya sudah mengirim utusan untuk berkomunikasi dengan para bakal calon yang akan diusung, dan sekaligus mendengar aspirasi pengurus daerah masing-masing Parpol. Meski demikian, Cak Imin enggan mengungkapkan ketiga nama itu. "Kita belum dapat konfirmasi. Iya kalau mau. Kalau enggak bagaimana?" ujar Cak Imin.

Baca: Siang Ini, Poros Alternatif Putuskan Nama untuk Pilkada DKI

Terkait komunikasi dengan Partai Gerindra dan PKS, Cak Imin mengaku pihaknya juga menjalin komunikasi dengan dua partai tersebut. Rapat siang ini pun untuk mendengar hasil tim komunikasi yang sudah ditugaskan.
"Saya berharap, prinsipnya semua partai dapat bersatu. Head to head," ujar dia.

Seperti diketahui, Koalisi Kekeluargaan sempat terpecah menjadi dua kubu. Yaitu poros alternatif yang terdiri dari empat partai itu dan dua partai lainnya, Gerindra dan PKS.

Baca: Pertemuan di Cikeas belum Ungkap Nama Calon

Namun dua poros ini kompak berambisi menantang petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat di Pilgub DKI Jakarta.

Pantauan Metrotvnews.com, selain petinggi partai tuan rumah, tamu undangan yang hadir baru, Sekjen PAN Eddy Soeparno. Eddy tidak banyak bicara ketika tiba pukul 12.22 WIB.

Sebelumnya, malam tadi pertemuan petinggi Partai Demokrat, PAN, PKB, dan PPP, digelar di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Pertemuan tersebut diikuti petinggi Partai Demokrat. Mereka adalah Ketua Umum SBY, Wakil Ketua Umum Syarief Hasan, Wakil Ketua Umum Roy Suryo, Ketua Fraksi di DPR Edhie Baskoro, Sekretaris Jenderal Hinca Panjaitan, Ketua Dewan Demokrat Amir Syamsuddin, Ketua DPD DKI Jakarta Nachrowi Ramli, Ketua Dewan Pembina E.E. Mangindaan.

Hadir pula Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang datang sejak sore. Dia disusul Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo.

Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Romi mengungkapkan, pertemuan berlangsung simulatif karena keempat parpol berusaha mempertimbangkan semua kemungkinan yang ada. Diharapkan, keputusannya nanti akan menentukan pasangan tangguh untuk menantang duet petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

"Simulatif karena menyimulasikan dua atau tiga pasangan dan menyimulasikan nomor satu dan nomor dua," kata Romi di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Kamis 22 September.




(YDH)

Video /