Siswa Terlantar SMAN 10 Bekasi Sepakat Dipindah ke SMA Terbuka

Juven Martua Sitompul    •    Sabtu, 12 Aug 2017 17:22 WIB
pendidikansekolah
Siswa Terlantar SMAN 10 Bekasi Sepakat Dipindah ke SMA Terbuka
Suasana mediasi SMAN 10 Bekasi dengan 57 siswa dan wali siswa. MTVN/Juven Martua Sitompul.

Metrotvnews.com, Bekasi: Mediasi antara SMAN 10 Bekasi dengan wali 57 siswa yang terlantar akhirnya rampung. Hasilnya, mereka sepakat dan bersedia dipindahkan ke SMA Terbuka.

"Alhamdulillah masalah sudah clear (selesai)," kata Kepala Sekolah SMAN 10 Bekasi Sunaryo di SMK Yaperti, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 12 Agustus 2017.

Sunaryo menceritakan, sebelum menemukan kata mufakat, para orangtua murid sempat mempertimbangkan opsi pemindahan siswa ke SMA Terbuka. Bahkan, 15 dari total 72 siswa yang terlantar memutuskan pindah ke sekolah swasta.

"Orang tua melakukan pertemuan dengan saya dua kali, pertama masih pikir-pikir, sekarang udah yakin betul dengan SMA Terbuka sehingga kami juga semakin mantap melaksanakan SMA terbuka ini," kata dia.

Sunaryo menjelaskan, pembukaan SMA Terbuka merupakan instruksi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Dalam surat keputusan Pemprov tegas menyatakan bila sekolah negeri berkewajiban mengelola sekolah terbuka.

Baca: 72 Siswa Telantar SMAN 10 Bekasi Diliburkan

Sebagai kepala sekolah baru SMAN 10 Bekasi, Sunaryo hanya ingin 57 siswa yang sempat terlantar mendapat hak pendidikannya kembali. Maka pembukaan SMA Terbuka, kata dia, langkah tepat menyelesaikan persoalan tersebut.

"Ini solusi lah menurut saya. Buat saya yang penting anak-anak harus belajar, anak-anak mendapatkan pelayanan sebagaimana haknya anak itu yang paling utama," tegas dia.

Sementara, Ketua Forum Perwakilan Orang Tua Wali Murid Fanny mengaku puas dengan hasil mediasi. Dia berharap semua keputusan dari dialog tadi jadi acuan pihak sekolah ke depan.

"Hasil mediasi ini luar biasa, cukup memuaskan orangtua murid dan kami semua menerima hasil mediasi yang terjadi hari ini. Dan kami harap hasil ini bisa dibawa, dipakai untuk tiga tahun ke depan," pungkas Fanny.

Sebanyak 57 siswa SMAN 10 Bekasi yang masuk jalur zonasi sepakat dipindahkan ke SMA Terbuka. SMAN 10 Bekasi berperan sebagai induk dari SMA Terbuka tersebut. Artinya, semua kebutuhan kegiatan belajar dan mengajar murid SMA Terbuka menjadi tanggungjawab SMAN 10 Bekasi.


(DRI)