57 Siswa SMA Terbuka Dapat Dana BOS

Juven Martua Sitompul    •    Sabtu, 12 Aug 2017 19:16 WIB
pendidikansekolah
57 Siswa SMA Terbuka Dapat Dana BOS
Suasana mediasi SMAN 10 Bekasi dengan 57 siswa dan wali siswa. MTVN/Juven Martua Sitompul.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Sekolah SMAN 10 Bekasi Sunaryo memastikan 57 siswa yang dipindahkan ke SMA Terbuka mendapat bantuan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Setiap siswa dipastikan mendapat hak yang sama dengan siswa SMA negeri lainnya.

"Kalau biaya sama kayak siswa reguler dapat biaya BOS, SMA negeri mana saja sama itu," kata Sunaryo usai menggelar mediasi dengan 57 siswa yang terlantar di SMK Yaperti, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 12 Agustus 2017.

Sementara, anggota balai pelayanan dan pengawasan pendidikan wilayah II dinas pendidikan Provinsi Jabar Herry Zulkarnain mengatakan, tujuan dari pembukaan SMA Terbuka untuk menampung siswa-siswi yang belum diterima di sekolah manapun.

"Jangan sampai anak-anak usia SMA tidak bersekolah. Jadi mereka harus tetap bersekolah," ujar Herry.

Senada dengan Sunaryo, Herry juga menjamin biaya 57 siswa anyar SMA Terbuka tersebut. Menurutnya, biaya sudah ditanggung pemerintah pusat dan daerah.

Dia tak menampik adanya biaya yang dikenakan kepada para siswa. Namun, biaya itu sifatnya tidak mengikat dan hanya dikenakan pada siswa yang dianggap mampu.

"Ada dari masyarakat tapi sifatnya tidak mengikat, kalau ada masyarakat yang tidak mampu ya tidak boleh dipaksakan karena pemerintah sudah menyiapkan dana itu," pungkas dia.

Sebelumnya, SMAN 10 Bekasi melakukan mediasi dengan 57 wali siswa yang masuk melalui jalur zonasi. Mediasi dilakukan karena mereka tidak tercatat di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dari hasil mediasi, kedua pihak sepakat melaksanakan SMA Terbuka. Di mana SMAN 10 Bekasi jadi induk dari SMA Terbuka. Artinya, semua kebutuhan kegiatan belajar dan mengajar murid SMA Terbuka menjadi tanggungjawab SMAN 10 Bekasi.


(DRI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

40 minutes Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA