Djarot Ingin Contoh Masa Transisi Foke Jokowi

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 17 May 2017 15:49 WIB
anies-sandi
Djarot Ingin Contoh Masa Transisi Foke Jokowi
Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Foto: MTVN/Lukman

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ingin tim transisi gubernur terpilih Anies Baswedan mencontoh masa transisi Fauzi Bowo ke Joko Widodo pada 2012. Saat itu, Rencana Kinerja Perangkat Daerah (RKPD) disusun oleh Foke dan disempurnakan oleh Jokowi.
 
Djarot mengatakan, saat menjadi tim transisi gubernur dan wakil gubernur terpilih Jokowi-Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama, Gubernur DKI saat itu, Fauzi Bowo, yang menyusun RKPD untuk Jokowi - Ahok. Hal serupa diharapkan bisa terjadi di kepemimpinan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.
 
"Dulu kita percaya banget sama Pak Fauzi Bowo. Kemudian masuk Pak Jokowi dan ada beberapa penyempurnaan-penyempurnaan dan penambahan program unggulan," kata Djarot di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 17 Maret 2017.
 
Djarot tidak masalah program Anies dimasukkan ke RKPD 2018. Tapi, usulan tersebut dimasukkan melalui fraksi partai di DPRD DKI. Tidak langsung ke eksekutif.
 
"Kalau ada masukan-masukan seperti itu, tolong sampaikan kepada fraksi di DPRD. Karena sekarang ini proses APBD sudah selesai musrenbang (musyawarah rencana pembangunan)," kata Djarot.
 
Djarot mengatakan, pihaknya akan mengundang Kementerian Dalam Negeri dan DPRD DKI untuk rapat bersama. Rapat ini memastikan boleh tidaknya program Anies-Sandi masuk ke dalam sistem anggaran saat Djarot masih menjabat.
 
"Kami berencana mengundang pimpinan fraksi dan pimpinan dewan untuk diskusi, tapi dengan mengundang narasumber dari Kemendagri supaya kita punya persepsi yang sama," ujarnya.
 
Setelah RKPD 2018 rampung, maka eksekutif dan legislatif akan menyelesaikan Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUAPPAS). Nantinya, KUAPPAS akan dibentuk jadi APBD DKI.
 


(FZN)