Pengelola Rusun Petamburan Segera Sosialisasikan Wajib Garasi ke Penghuni

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 15 Sep 2017 20:17 WIB
pemilik mobil wajib punya garasi
Pengelola Rusun Petamburan Segera Sosialisasikan Wajib Garasi ke Penghuni
Kondisi lahan parkir di Rusun Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017. Foto: Metrotvnews.com/ Whisnu Mardiansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengelola Rusun Petamburan sudah mendengar rencana wajib garasi bagi pemilik kendaraan roda empat. Namun, pengelola belum mensosialisasikan kepada para penghuni rusun.

Pengelola Rusun Petamburan, Munadi mengatakan, dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan dengan para pemilik roda empat di Rusun Petamburan. Termasuk mendata jumlah kepemilikan rusun yang dibangun tahun 2000 itu.

"Kita nanti ada pertemuan. Sejauh ini yang kita data ada 150 kendaraan roda empat di sini," kata Munadi kepada Metrotvnews.com di Rusun Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017.

Menurut Munadi, aturan wajib garasi di Rusun sulit diwujudkan. Pasalnya, ketersediaan lahan tak sebanding dengan jumlah unit kendaraan roda empat. Untuk parkir kendaraan roda empat, hanya memanfaatkan lahan kosong yang masih tersedia.

Rencana ini pun ditolak oleh para penghuni, Roy salah satunya.  Berasumsi jika kewajiban memiliki garasi di rusun sudah tergantikan dengan kewajiban membayar iuran parkir per bulannya.

"Kami di sini bayar Rp100 ribu per bulan. Nonsense kalau wajib garasi juga enggak mungkin itu," ucap Roy.

Dari pantauan Metrotvnews.com, kondisi parkir roda empat di Rusun Petamburan tampak tak beraturan. Tak ada parkir terpusat khusus kendaraan roda empat. Para pemilik bebas memarkirkan kendaraannya di masing-masing blok dengan memanfaatkan lahan yang masih tersedia.

Sebelumnya pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menerapkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi. Pasal 140 mewajibkan warga pemilik kendaraan roda empat wajib memiliki garasi.

Warga yang ingin perpanjangan, mutasi dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) wajib melampirkan surat keterangan kepemilikan garasi. Surat itu dikeluarkan kelurahan.


(DEN)

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

35 minutes Ago

Partai Golkar tengah diterjang badai saat Ketua Umum Setya Novanto ditahan karena tersandung ka…

BERITA LAINNYA