Warga Pulau Panggang Keluhkan Sulitnya Air Bersih

Eko Nordiansyah    •    Minggu, 19 Mar 2017 12:31 WIB
air bersih
Warga Pulau Panggang Keluhkan Sulitnya Air Bersih
Ilustrasi: warga mengantre air. Foto: ANTARA/Adeng Bustomi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Warga Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, menggeluhkan minimnya pasokan air bersih. Hal ini membuat aktivitas sehari-hari warga cukup terganggu.

Zaenab, 55, bercerita selama ini dirinya memanfaatkan air sumur yang terkontaminasi air laut untuk kegiatan sehari-hari. Pasalnya, air bersih harus didapat dari pulau sebelah.

"Di sini beli air (bersih), kalau buat nyuci dari pulau sebrang, di Pulau Karya," kata Zaenab saat ditemui di Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Jakarta, Minggu 19 Maret 2017. 

Zaenab menjelaskan, air bersih dihargai Rp30 ribu per gerobak yang berisi 10 dirigen air. Untuk kebutuhan minum, warga biasanya memanfaatkan air isi ulang seharga Rp8 ribu per galon.

Warga lainnya, Juliasih, 32, membeberkan kualitas air bersih tak sama dengan air sumur yang berasa asin. Perbedaan ini sering kali menjadi masalah apalagi jika digunakan untuk mandi.

"Kalau buat nyuci (dengan air sumur yang asin) enggak berbusa, bajunya jadi kaku jadi cepat rusak juga. Bahkan, kalau kita mandi saja bisa gatal kalau pake air asin itu," jelas dia.

Baik Zaenab maupun Juliasih berharap agar pemerintah bisa memberikan bantuan air bersih. Selama mereka tinggal puluhan tahun, belum pernah ada pembangunan infrastuktur air bersih dari pemerintah.

"Karena orang pulau itu keperluaannya air. Air di sini kan asin makanya maunya kalau bisa dapat airnya gratis. Mohon diadakan air bersih secepatnya," pungkas dia.




(OGI)

Sandi Ajak Warga Minang di DKI Gabung OK OCE

Sandi Ajak Warga Minang di DKI Gabung OK OCE

10 hours Ago

pihaknya bakal mengajak asosiasi para pedagang pasar untuk bergerak bersama menciptakan ekonomi…

BERITA LAINNYA