Polda Metro Bentuk Forum Kerukunan Antar Umat Beragama

Deny Irwanto    •    Rabu, 30 Nov 2016 13:33 WIB
toleransi beragama
Polda Metro Bentuk Forum Kerukunan Antar Umat Beragama
Ilustrasi. Foto: Antara/Oky Lukmansyah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya membentuk Forum Kemitraan Religi Kamtibmas untuk menciptakan situasi damai di Ibu Kota dan daerah sekitarnya.
 
Wakil Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Metro Jaya, AKBP Anjar Gunadi menjelaskan, forum tersebut melibatkan seluruh tokoh agama di wilayah DKI Jakarta. Forum ini bertujuan meningkatkan komunikasi antar-tokoh agama.
 
"Dengan adanya forum ini, tidak ada lagi kendala atau halangan. Antar-pemuka agama saling bekomunkasi untuk menjaga masyarakat kita hidup tenang," kata Anjar di Gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Rabu (30/11/2016).
 
Dalam acara tersebut, sekitar 267 pemuka agama dari seluruh unsur keyakinan hadir dalam deklarasi. Anjar menjelaskan, selama ini forum antar masyarakat beragama mengalami kendala komunikasi karena tidak ada wadah atau mitra religi.
 
"Nantinya, bukan hanya tokoh agama saja yang bisa komunikasi, tetapi masyarakat atau umat di bawah nya juga bisa ikut berperan," jelas Anjar.
 
Perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Syamsul Ma'arif mendukung forum ini. Sebab, forum ini dapat mencegah adanya gesekan antar umat agama.
 
"Kami mendukung mitra kerja ini. Mari kita bangun kerukunan umat di Jakarta supaya nyaman dan aman," ujar Syamsul.



(FZN)