Lingkungan Kali Grogol Tercemar

Akmal Fauzi    •    Senin, 17 Jul 2017 07:14 WIB
sampah jakartapolemik sampah jakarta
Lingkungan Kali Grogol Tercemar
Ilustrasi: Sampah di Ibu Kota kian mengkhawatirkan. Foto: MI/Ramdani.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sungainya bau, jalannya kotor. Seperti itulah pemandangan Jalan Inspeksi Kali Grogol, Palmerah, Jakarta Barat.

Puluhan gerobak penuh sampah menghiasi jalan raya setiap hari. Aromanya mengganggu kenyamanan warga setempat. Ditambah bau busuk yang muncul dari kali, membuat warga harus menutup hidung.

Gerobak sampah diparkir berbatasan langsung dengan Kali Grogol untuk diangkut truk pada pagi harinya. Pada saat bongkar muat sampah ke dalam truk, aroma bau semakin tidak tertahankan.

"Gerobak diparkir 24 jam di sana. Karena berada di pinggiran kali, terkadang sampah-sampah itu jatuh juga ke kali. Setelah sampah diangkat ke truk dan gerobaknya dibawa pergi oleh petugas kebersihan lingkungan, baunya tetap menyengat," keluh Jamaludin, 41, warga setempat, kepada Media Indonesia, Minggu 16 Juli 2017.

Kondisi demikian sudah berlangsung lebih setahun. Ketika truk bongkar muat sampah, jalan menjadi macet.

Pengendara sepeda motor merasa tersiksa karena harus menghirup aroma sampah yang busuk. Jamaludin meminta Pemkot Jakarta Barat memindahkan pangkalan gerobak sampah dari permukiman mereka.

Kepala Suku Dinas Ling-kungan Hidup Jakarta Barat Edy Mulyanto mengatakan sebelumnya tersedia tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di kawasan tersebut.  Tapi, pada 2016 pihak kelurahan meniadakan depo itu sehingga tidak ada lagi tempat bagi gerobak sampah.

Akhirnya petugas sampah memarkirkan gerobak mereka di pinggir kali. Saat ini pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan kelurahan untuk mencarikan TPS di lokasi lain.

"Seharusnya memang enggak boleh di pinggir kali. Itu membuat kali tercemar dan mengganggu lalu lintas serta mengganggu pemandangan," ucap Edy.

Baca: ITF Sunter Diproyeksikan Menampung Sampah 2.500 Ton per Hari

Sebelumnya, penumpang bus TransJakarta harus menutup hidung lantaran bau amis yang sangat kuat di halte Grogol 1. Asal bau itu ternyata dari air Kali Grogol yang penuh busa.

Menurut Staf Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat Karyono, busa bersumber dari kolam olakan. Penampungan air itu adalah muara air pembuangan warga Jakarta Barat.

Air bekas cuci, mandi, limbah tekstil, bercampur dengan beragam jenis sampah. Air limbah berubah menjadi busa warna putih ketika pompa penampungan beroperasi untuk mengalirkannya melalui tiga pipa saluran.


(OGI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

23 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA