Tangerang Ikut Pasang CCTV Bersuara

Nur Azizah    •    Jumat, 22 Sep 2017 04:24 WIB
tilang
Tangerang Ikut Pasang CCTV Bersuara
Petugas memasang CCTV di Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Kamis (7/4/2016). Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Metrotvnews.com, Tangerang: Pemkot Tangerang ikut menerapkan Traffic Public Announcement (TPA) atau CCTV bersuara. Alat tersebut dipasang di empat simpang jalan yang dapat menegur pengendara nakal. 

Kepala Dinas Perhubungan Tangerang Saiful Rohman mengatakan, CCTV bersuara dapat membantu petugas untuk memberikan teguran atau himbauan ke pengguna jalan. Sehingga, lanjut dia, kesemerawutan yang ada di simpang jalan bisa diminimalisasi.

Dari 33 simpang yang terpasang Area Traffic Control System (ATCS) baru empat simpang yang sudah ada TPA. Empat simpang itu adalah Simpang Tanah Tinggi, Simpang Puspem Timur, Simpang TMP Taruna dan Simpang Benteng Betawi.

Melansir Antara, Wali Kota H Arief R Wismansyah pun telah mencoba alat tersebut dan langsung memberikan teguran kepada pengguna jalan yang melewati garis batas zebra cross. Biasanya teguran dilakukan dengan cara menyebutkan plat nomer, wana, dan jenis kendaraan serta kesalahan pengendara.

Beberapa daerah mulai menerapkan CCTV bersuara, seperti di Bandung, Semarang, dan Pekalongan. Di Bandung sempat viral video yang memperlihatkan anak SMA yang membonceng temannya yang tak memakai helm. Tindakan tersebut langsung ditegur oleh petugas.

“Anak SMA, itu penumpangnya enggak pakai helm, silakan diturunkan. Lanjutkan pakai kendaraan umum. Ayo helm putih. Honda Beat putih. Ya, kamu terpantau dari control room melakukan pelanggaran dengan membawa penumpang tidak memakai helm,” ucap petugas tersebut.

Pelajar tersebut sempat kebingungan dan langsung mengikuti seluruh perintah petugas.


(LDS)