Bangunan 43 SDN di Cimanggis Depok Memprihatinkan

Kisar Rajaguguk    •    Kamis, 20 Apr 2017 19:04 WIB
sekolah rusak
Bangunan 43 SDN di Cimanggis Depok Memprihatinkan
Murid SD melihat kondisi ruang kelas yang plafonnya ambruk di SDN Sawangan 02, Depok. Foto: Antara/Indrianto

Metrotvnews.com, Depok: Sebanyak 43 gedung SD Negeri di Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat memprihatinkan. Asbes di sejumlah ruang kelas nyaris ambruk.
 
“Kita ingin 43 SD yang rusak ringan, sedang dan rusak parah diperbaiki. Sebab fisik bangunan mulai atap, rangka, asbes dan dinding sangat memprihatinkan. Kita tidak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap peserta didik maupun pengajar, “ kata Camat Cimanggis Henri, Kamis 20 April 2017.
 
Ia mengakui dibutuhkan dana yang besar buat memperbaiki semua sekolah itu. Namun, Pemkot Depok bisa menggunakan skala prioritas. Seperti bangunan gedung SDN Harjamukti 1, yang terletak di Jalan Jambore, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis.
 
“Asbes di kelas I sampai kelas VI rawan ambruk. Bahkan posisi temboknya sudah miring. Kondisi ini yang kita takutkan, apalagi saat hujan kebanjiran karena berada di bawah jalan raya, “ ujar Henri.
 
hal serupa terjadi di SDN Harjamukti II, III dan IV. Sekolah itu harus bangun ulang karena fisiknya sudah rapuh. "Dinas Pendidikan Kota Depok harus mengusulkan anggaran renovasi bangunan gedung rusak kepada Pemerintah Kota, “ kata Henri.
 
Henri juga meminta Pemerintah Kota Depok membangun gedung SMPN 23. Sejak 2015 ratusan pelajar menumpang di SDN Harjamukti 1. “ Kita sangat berharap SMPN 23 memiliki gedung sendiri. Sejak berdiri tahun 2015 sampai sekarang, ratusan SMPN 23 masih numpang. Belajar siang sampai sore hari, “ ujarnya.
 
Kepala bidang pembangunan Dinas Permukiman dan Perumahan Kota Depok, Dadan Rustandi, usulan tersebut harus disampaikan di rapat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) kelurahan dan kecamatan untuk diteruskan ke musrenbang tingkat kota. “ Kalau program mendesak, oleh pemerintah segera diusulkan ke DPRD Kota Depok, “ kata Dadan.
 


(FZN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA