Mendagri: Pengelolaan Sampah Jakarta 'Mbulet'

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 03 Apr 2018 17:01 WIB
sampah jakarta
Mendagri: Pengelolaan Sampah Jakarta 'Mbulet'
Mendagri Tjahjo Kumolo/MTVN/Adin

Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengkritisi pengelolaan sampah di Ibu Kota Jakarta. Pemprov DKI Jakarta dinilai tak serius.

"Jakarta saja urusan sampah masih 'mbulet', padahal harus kerja sama dengan Bekasi, Depok, Tangerang, dan Tangerang Selatan," tegas Tjahjo di Kementerian LHK, Jakarta Selatan, Selasa, 3 April 2018.

Tjahjo menjelaskan Pemprov DKI hanya berputar di masalah siapa investor pengelola. Tjahjo melihat kerja sama, kemitraan, dan inovasi pemda di bidang pengelolaan sampah sangat buruk.

Bahkan, muncul kesan Pemprov DKI malu meniru program kota lain yang berhasil mengolah sampah. "Jangan malu mencontoh, misalnya mencontoh ke Surabaya dan Makassar yang sudah berhasil mengelola sampah."

Jakarta tak sendiri. Tjahjo juga mengkritisi Bali. Pulau destinasi wisata itu masih belum terintegrasi terkait pengelolaan sampah. Padahal, faktor tersebut berpengaruh besar dalam bidang pariwisata.

"Misalnya antara Badung dan Denpasar. Belum ada sinergi dan konektivitas yang bagus soal pengelolaan sampah," kata Tjahjo.

Politikus PDI Perjuangan itu belum melihat pengelolaan sampah menjadi prioritas. Mayoritas pemda fokus pada infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sanitasi, dan air bersih. Padahal, pengelolaan sampah bisa diakomodasi dalam sanitasi dan air bersih.

Ia juga menyoal perjalanan dinas di pemda terkait soal ini. Pantauan Tjahjo, tak pernah ada dinas yang berkaitan langsung dengan pengelolaan sampah yang diajak studi banding ke luar negeri.

"Rombongan kerja ke luar negeri enggak pernah menyertakan kepala dinas soal sampah. Mereka yang diajak bagian keuangan atau keluarganya. Termasuk DPRD juga begitu. Ke depan kami akan tegas untuk izin kunker DPRD harus mengajak dinas terkait," ucap Tjahjo.


(OJE)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA