Mimpi Sungai Jakarta seperti di Korsel Masih Jauh

Fachri Audhia Hafiez    •    Kamis, 13 Sep 2018 10:32 WIB
sungai ciliwung
Mimpi Sungai Jakarta seperti di Korsel Masih Jauh
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Jakarta: Harapan 13 sungai di Jakarta seperti Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan dinilai masih terlalu jauh. Penataan sungai perlu usaha maksimal.

"Masih jauh (seperti sungai Cheonggyecheon)," kata Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Bestari Barus kepada Medcom.id, Kamis, 13 September 2018.

Bestari menjelaskan, 13 sungai yang melintasi Ibu Kota tak melulu persoalan penataan, tapi memerhatikan hulu. Selain itu, kesadaran warga untuk tidak membuang sampah ke sungai masih kurang.

"Hulu harus penuh perhatian supaya apa? Yang namanya air yang mengalir itu tidak lagi mengandung lebih dari sampah-sampah. Kan 13 sungai itu tidak semuanya yang terpasang semacam jaring (untuk menyaring sampah) begitu," ujar Bestari.

Selain itu, di DPRD tengah gencar membahas soal perubahan anggaran penanganan banjir dan infrastruktur untuk menciptakan keindahan dan estetika sungai di Jakarta.

"Kami di DPRD tidak pernah membatasi soal anggaran (penataan sungai) itu. Bahkan kami beberapa kali menantang supaya ada kenaikan signifikan di bidang infrastruktur di 2018 dan seterusnya," jelas Bestari.

Baca: Presiden Mimpi Ciliwung Sebersih Sungai Cheongyecheon Seoul

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada Selasa, 11 September 2018, mengunjungi Seoul dengan jalan kaki menyusuri Sungai Cheonggyecheon. Melihat kebersihan sungai di tengah kota tersebut, Presiden berharap bisa menjadi inspirasi untuk Sungai Ciliwung di Jakarta.


(YDH)