Pembukaan Underpass Matraman Bikin Macet Berjam-jam

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 10 Apr 2018 15:29 WIB
proyek underpass
Pembukaan <i>Underpass</i> Matraman Bikin Macet Berjam-jam
Lalu lintas sekitar underpass Matraman macet - Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Jakarta: Uji coba underpass Matraman, Jakarta Pusat menyebabkan kemacetan di sejumlah titik. Hal ini imbas dari rekayasa lalu lintas yang dilakukan. 

Kemacetan ini membikin masyarakat kesal. Firdaus, 34, misalnya, setiap hari berkendara melintasi Jalan Pemuda menuju Jalan Proklamasi. 

Akibat antrean kendaraan yang mengular, pengemudi ojek daring itu terlambat mendapat penumpang. "Ini biasanya jalanan memang macet, tetapi enggak separah ini," keluh Firdaus, kepada pewarta, di Matraman, Jakarta, Selasa, 10 April 2018.

Firdaus biasanya berangkat dari kediamannya di Rawamangun, Jakarta Timur menuju perumahan warga untuk menjemput penumpang di kawasan Matraman. Biasanya dia mulai berkendara terhitung sejak pukul 06.00 WIB dan tiba di lokasi penjemputan sekurang-kurangnya pukul 07.00 WIB.

Namun, karena kondisi jalan yang sangat macet, membuat waktu tempuh berkendara menjadi jauh lebih lama. Walhasil, dia kehilangan calon penumpang yang biasanya banyak mengorder ojek daring pada pukul 07.00 WIB.

"Gimana mau dapat penumpang, saya baru tiba ke lokasi jam 09.30 WIB," sesal dia.

(Baca juga: Dishub bakal Tutup Tikungan Jalan Tambak)

Kondisi jalan yang macet juga berdampak terhadap penumpang bus TransJakarta di sekitaran Halte Matraman 1 dan Matraman 2. Banyak penumpang memilih turun dari bus di tengah jalan dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojek daring.

"Saya terpaksa turun di tengah jalan karena ngejar jam masuk kantor," kata penumpang bus Transjakarta, Abe, 27.

Abe merupakan pegawai swasta yang bekerja di bilangan Dukuh Atas, Sudirman, Jakarta Pusat. Dia biasanya berangkat dari kediamannya di Cililitan menuju Dukuh Atas menggunakan bus Transjakarta dengan jarak tempuh 90 menit. Namun akibat kemacetan parah yang terjadi, ia harus menempuh perjalanan selama tiga jam.

"Itu juga enggak sampai tujuan. Cuma sampai sini, Matraman," ujar Abe.

Abe lantas memilih turun dari bus TransJakarta di Halte Matraman dan memilih untuk melanjutkan perjalanan menggunakan ojek daring ke kantornya di Dukuh Atas, Sudirman.

"Beruntung tadi sudah izin ke kantor," tukas dia. 

Senada, penumpang bus TransJakarta lainnya, Lauren, 19, musti memilih meninggalkan bus karena kondisi jalan yang macet. Lauren harus mengejar jadwal kuliah. 

"Karena ada kuliah, jadi saya usahain lah sampai dulu. Urusan terlambat nanti saja yang penting sampai dulu," imbuh dia. 

(Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas Underpass Matraman Dimatangkan)
 


(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA