Wakadisdik DKI Bantah Gaji Guru sampai Rp31 Juta

Nur Azizah    •    Kamis, 11 Jan 2018 18:59 WIB
guru
Wakadisdik DKI Bantah Gaji Guru sampai Rp31 Juta
Ilustrasi: Pendidikan SD. Foto: Medcom.id.

Jakarta: Wakil Kepala Dinas Pendidikan (Wakadisdik) DKI Jakarta Bowo Irianto membantah gaji guru PNS di Jakarta mencapai Rp31 juta per bulan. Gaji guru hanya sekitar Rp3,5 juta hingga Rp4,5 juta per bulan. 

"Kalau mendapatkan tunjangan sertifikasi paling besarnya sama dengan gaji. Berarti kan sebulan dapat dua kali gaji," kata Bowo saat dihubungi, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Januari 2018.

Namun, kata dia, tak seluruh guru mendapatkan tunjangan sertifikasi profesi. Kendati begitu, seluruh guru PNS di Jakarta mendapatkan uang tambahan berupa tunjangan kinerja daerah. 

"Sekitar Rp6 juta sampai Rp7 juta. Kalau Rp30 juta mungkin itu gaji untuk dua atau tiga bulan," ujar dia.

Baca: Sandi Klaim Gaji Guru di DKI Capai Rp31 juta per Bulan

Menurut dia, guru dengan kinerja terbaik pun tidak akan mencapai Rp31 juta. "Yang (jumlah Rp14 juta) itu sudah variabel maksimal," ujar dia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyebut gaji guru PNS DKI Jakarta mencapai Rp31 juta per bulan. Jumlah itu setara dengan gaji guru di Finlandia.

"Gaji guru di DKI enggak kalah sama Finlandia. Di sana gaji guru standarnya Rp31 juta per bulan, ternyata guru-guru kita yang terbaik sudah segitu juga," ujar Sandi di Balai Kota.




(OGI)