Kehadiran Anies di Konferensi Gerindra tak Salahi Aturan

Nur Azizah    •    Rabu, 18 Oct 2017 13:53 WIB
partai gerindraanies-sandi
Kehadiran Anies di Konferensi Gerindra tak Salahi Aturan
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI, Sumarsono. Foto: MTVN/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Wakilnya Sandiaga Salahuddin Uno di acara Partai Gerindra tidak menyalahi aturan. Sebagai jabatan politis, gubernur diperkenankan menghadiri acara partai.
 
Anies dan Sandi datang ke acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) untuk memenuhi undangan. Hal itu tidak masalah meski keduanya datang saat jam kerja.
 
"Aturan protokolernya dia boleh menghadiri undangan termasuk parpol. Enggak ada masalah," kata Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri RI, Sumarsono saat dihubungi, Jakarta, Rabu 18 Oktober 2017.

Baca: Anies Sandi Hadiri Konferensi Gerindra

Sumarsono mengatakan, tak ada larangan gubernur dan wagub menghadiri acara partai selama ada undangan. Ia menegaskan, Anies-Sandi merupakan komponen bangsa yang bisa hadir dalam setiap acara.
 
"Kalau perlu tak hanya satu partai tapi berbagai partai. Sebagai gubernur, posisisnya hari ini ke Gerindra, besok ke PKS, begitu seterusnya, tidak masalah," kata Sumarsono.


 

Kementerian Dalam Negeri juga tidak mempermasalahkan gubernur datang menggunakan baju dinas. Sebab, Anies datang sebagai undangan dan kapasitasnya sebagai Gubernur DKI. "Enggak apa-apa. Dia kan menaungi," ujarnya.
 
Lain dengan Anies, Sandi memilih mengganti safari putih  khas Gerindra. Sebab, Sandiaga datang sebagai Wakil Gubernur DKI dan kader Gerindra.
 
"Dia ada dua kapasitas. Kalo diundang sebagai wagub ya pakai baju wagub, tergantung kapasitasnya. Kalau sebagai anggota ya bebas. Jadi dia tidak terikat aturan," terangnya.
 
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menuju Konferensi Nasional Partai Gerindra di SICC usai berkunjung ke SDN 07 Cawang, Jakarta Timur.

Baca: Prabowo: Target Gerindra Raih Mandat Rakyat

Kehadiran Anies-Sandi diketahui melalui foto yang diunggah Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di akun twitternya, @fadlizon. Dalam unggahan itu Anies berada di samping kiri Fadli lalu diikuti dengan Sandi. "Dengan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan and @sandiuno pagi ini di Konfrensi @Gerindra" tulis Fadli.
 
Dalam foto tersebut, Anies dan Sandi menggenakan pakaian dinas Pemprov DKI Jakarta berwarna Putih. Di sisi kiri bajunya terdapat pin berlambang burung Garuda berwarna emas.
 
Sementara Sandi mengenakan kopiah hitam. Selain Anies-Sandi hadir pula musisi Ahmad Dhani yang baru resmi menjadi anggota Partai Gerindra.
 


(FZN)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA