Anies Enggan Komentari Pencalonan Dirinya di Pilpres

Nur Azizah    •    Selasa, 05 Dec 2017 14:15 WIB
pilpres 2019
Anies Enggan Komentari Pencalonan Dirinya di Pilpres
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MTVN/Faisal Abdalla

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan mengomentari hasil survei sejumlah lembaga yang mengkaitkan dirinya sebagai bakal calon wakil presiden di Pilpres 2019. Anies hanya fokus membenahi Jakarta.
 
"(Saya) baru mulai di Jakarta. Kita jalani. Sekarang saya lagi fokus soal antisipasi banjir, masalah keluhan warga," kata Anies di Balai Kota DKI,  Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 5 Desember 2017.
 
Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Fadli Zon memantau hasil survei tokoh yang berpeluang menjadi calon presiden dan calon wakil presiden. Hasil tersebut jadi bahan Gerindra untuk menentukan strategi.

Baca: Strategi Gerindra Kalahkan Jokowi di Pilpres 2019 

Fadli optimistis Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto punya peluang besar sebagai capres. Cawapres yang dianggap tepat mendampingi, kata Fadli, mesti memiliki kriteria tersendiri.
 
Cawapres pendamping Prabowo masih terbuka untuk siapapun dengan kualifikasi tersebut. Tak menutup kemungkinan Anies Baswedan dipertimbangkan untuk dipilih.
 
"Tapi kan beliau (Anies) punya tanggung jawab menyelesaikan masalah Jakarta, kita lihat nanti," ujar Fadli.
 
Beberapa nama muncul sebagai orang yang diproyeksikan mampu masuk bursa Pilpres 2019. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk dalam jajaran sosok yang berpotensi menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2019.
 
"Yang mengejutkan nama Anies menjadi yang paling banyak dipilih sebagai wakil presiden. perolehannya 10,5 persen," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indo Barometer M. Qodhari di Hotel Atlet, Jakarta Pusat, Minggu, 3 Desember 2017.

Baca: Anies Berpeluang Kuat Mendampingi Prabowo

Posisi kedua diisi Agus Harimurti Yudhoyono dengan perolehan 9,6 persen suara. Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama di tempat ketiga dengan perolehan suara yang sama dengan Agus.
 
"Ada pula Gatot Nurmatyo sebanyak 9,6 persen dan Ridwan Kamil 5,4 persen. Ini semua dengan pertanyaan terbuka," jelas dia.
 
Qodhari menjelaskan apabila ditanya dengan pertanyaan terutup, Anies Baswedan masih berada di peringkat pertama dengan perolehan 11,8 persen, Agus Harimurti 10,3 persen, dan Gatot Nurmatnyo 9,3 persen. Ridwan Kamil menyusul dengan 7,3 persen, Sohibul Iman 5,4 persen, dan Moeldoko 3,0 persen.




(FZN)