Anies akan Tertibkan Bangunan yang Langgar Aturan

LB Ciputri Hutabarat    •    Senin, 13 Nov 2017 11:58 WIB
banjir jakarta
Anies akan Tertibkan Bangunan yang Langgar Aturan
Ilustrasi: Rumah kumuh. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bakal menertibkan bangunan yang menyebabkan banjir dan terbukti ilegal. Dia geram karena kawasan selatan Jakarta kembali banjir, kemarin. 

"Kalau melanggar harus ditertibkan dong," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 13 November 2017.

Anies mendapat laporan ada sejumlah kawasan yang daerah aliran sungainya menyempit. Salah satunya adalah kawasan Pejaten, Jakarta Selatan. Dia mengaku akan menyisir legalitas kawasan ini.

"Apakah ada izin nendirikan bangunan atau tidak. Apakah dibangun sesuai aturan atau tidak, ditanya juga kenapa enggak diawasi selama ini," ujar Anies.

Menurut dia, ketiadaan pengawasan membuat posisinya lebih rumit. Harusnya, pemerintah berani mengambil tindakan jika pembangunan di kawasan tersebut benar-benar melanggar aturan.

Baca: Anies Selalu Memonitor Banjir Jakarta

"Begitu ada rencana pembangunan harus dihentikan, karena jelas-jelas itu wilayah yang enggak boleh ada bangunannya. Sekarang bangunannya di mana-mana ada," terang Anies.

Namun, sebelum menertibkan, Anies mengaku akan melihat permasalahan kawasan tersebut secara keseluruhan "Karena itu kita akan panggil khusus (pejabat) semua tempat untuk bahas keseluruhan masalah di bantaran sungai di Jakarta," pungkas Anies.




(OGI)