Sisa Sampah Masih Kotori Monas

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 02 Jan 2018 12:06 WIB
monasperayaan tahun baru
Sisa Sampah Masih Kotori Monas
Petugas kebersihan membersihkan sisa sampah perayaan tahun baru di Monas. Foto: Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Jakarta: Pesta pergantian tahun masih menyisakan sampah di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Petugas kebersihan Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas pun perlu bahu-membahu membersihkan kembali objek wisata itu.

Pantauan Medcom.id, petugas kebersihan sudah berkeliling Monas sejak pagi. Mereka membereskan sisa sampah. Meskipun sebagian sampah sudah dimasukkan ke kantong plastik, tetapi sampah berukuran kecil masih terlihat berserakan.

"Kebanyakan sisa sampah berupa puntung rokok, botol minuman, dan sisa cemilan kacang," kata Sri, seorang petugas kebersihan, kepada Medcom.id, di Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Januari 2017.

Sampah kecil itu, kata Sri, banyak ditemukan di rumput, jalan, dan drainase air Monas. Sampah-sampah itu bikin repot. Pasalnya, Sri jeli dan memasang mata lebar-lebar agar tidak ada sampah yang tertinggal.

"Sudah tugas kita bikin Monas kembali bersih," ungkap Sri. 

Baca: Anies tak Masalah Taman di Monas Rusak Usai Pesta Tahun Baru

Suara senada diungkapkan Tono, seorang petugas kebersihan. Dia bekerja sejak pukul 06.00 pagi hingga 16.00 sore nanti. Empat jam sudah dia bekerja hari ini. Namun, sampah di kawasan ini tidak ada habisnya. 

"Sisa (sampah) tahun 2017 masih ada di tahun 2018" guyon Tono.


Sampah-sampah kecil masih menyelip di selokan Monas. Foto: Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Meskipun tidak mengeluh, tetapi Tono memberikan kritik kepada pengunjung. Dia menilai pengunjung sebaiknya bertanggung jawab menjaga kebersihan di Monas. Menjaga kebersihan, kata dia, adalah kewajiban bersama.

"Pengunjung juga harus punya kesadaran menjaga Monas. Sudah disediakan tempat sampah, masa buang sampah sembarangan," pungkas dia.





(OGI)