Tiga Target KPK DKI Jakarta

Faisal Abdalla    •    Jumat, 05 Jan 2018 13:30 WIB
tim gubernur anies-sandi
Tiga Target KPK DKI Jakarta
Bambang Widjojanto--MI/Rommy Pujianto

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan membentuk Komite Pencegahan Korupsi (KPK), yang merupakan bagian dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Ketua KPK DKI Jakarta, Bambang Widjojanto mengatakan ada tiga target jangka panjang yang ingin diraih KPK DKI. 

"Pertama ada sistem pencegahan korupsi yang sistematis," ujar Bambang di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jumat, 5 Januari 2017. 

Bambang menginginkan sistem pencegahan korupsi yang sedang dibangun timnya melekat kepada birokrasi di DKI Jakarta. Target kedua, lanjut Bambang, adalah membangun integritas Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai agen perubahan. 

"Kalau sistemnya sudah bagus, tapi integritas agen perubahannya tidak dibangun ya percuma. Maka membangun integritas ASN ini sangat penting," jelas Bambang. 

Baca: Komite Pencegahan Korupsi DKI Fokus pada Pencegahan

 
Target ketiga yang ingin dicapai KPK DKI Jakarta adalah pelibatan masyarakat dalam membangun budaya anti-korupsi. Bambang mengatakan masyarakat harus terbiasa menggunakan sistem yang celah korupsinya minim. 

"Publik adalah penerima benefit dari sistem pencegahan anti-korupsi, tetapi publik juga harus terlibat dalam sistem itu. Kan yang paling banyak menerima manfaatnya itu publik," ujar Bambang.  



Sebelumnya, Anies resmi mengumumkan anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan, KPK DKI Jakarta. KPK DKI Jakarta dibentuk berlandaskan Peraturan Gubernur Nomor 187 tentang Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan. 

KPK DKI Jakarta ini beranggotakan lima orang. Diketuai mantan pimpinan KPK 2011-2015  Bambang Widjajanto, beranggotakan aktifis LSM HAM Nursyahbani Katjasungkana, mantan Wakapolri Komjen Oegroseno, ahli tata pemerintahan Tatak Ujiyati, dan Muhammad Yusuf yang sebelumnya juga menjabat sebagai Ketua TGUPP periode 2014-2017.


(YDH)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

1 day Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA