Jalan Nasional Bakal Diserahkan ke Pemprov DKI

Nur Azizah    •    Rabu, 09 Jan 2019 18:46 WIB
jalan
Jalan Nasional Bakal Diserahkan ke Pemprov DKI
Lalu lintas di Jakarta. Foto: MI/Galih Pradipta

Jakarta: Seluruh jalan nasional di Ibu Kota bakal diserahkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Dari 38 jalan nasional di Jakarta, 25 di antaranya sudah dikelola Pemprov DKI.

"Sisa 13 jalan nasional nanti itu akan diserahkan ke Pemprov untuk dikelola. Pengelolaannya ya bukan asetnya," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Januari 2019.

Menurut dia, dengan langkah ini, Pemprov DKI memiliki wewenang untuk mengatur lalu lintas di jalan tersebut. Selama ini, Dinas Perhubungan DKI tak bisa menyelesaikan masalah di jalan-jalan itu lantaran tak memiliki yuridiksi.

"Kemarin Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono) sudah berikan arahan bahwa nanti 100 persen akan diserahkan," ungkap dia.

Baca: Polemik Jakarta-Bekasi Bisa Rusak Citra Nasional

Sebanyak 13 jalan yang akan diserahkan ke Pemprov DKI meliputi Jalan Daan Mogot, Jalan Bekasi Raya, Jalan Lingkar Barat, Jalan Pelabuhan, Jalan Jampea, Jalan Cilincing Raya, Jalan Ciputat Raya, Jalan Pasar Jumat, Jalan Kartini, Jalan Bogor Raya, Jalan TB Simatupang, Jalan Cakung-Cilincing, dan Jalan Akses Marunda. 

Selain diberi wewenang mengelola jalan nasional, Anies juga dituntut untuk memegang kendali untuk mengelola transportasi di Jabodetabek. Perintah ini datang dari Presiden Joko Widodo.

"Pas rapat bidang transportasi kemarin, Presiden berikan arahan agar pengelolaan transportasi di Jakarta dibuat sederhana. Kemarin ditanya apakah DKI siap memegang kendali, ya siap," ungkap dia.


(OGI)