Jakarta Siaga Banjir Rob

Nur Azizah    •    Rabu, 06 Dec 2017 13:25 WIB
banjir jakarta
Jakarta Siaga Banjir Rob
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MTVN/Nur Azizah

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan status siaga terhadap banjir rob. Status itu berlaku mulai hari ini hingga dua hari ke depan.
 
"Menurut prediksi, (banjir rob) sampai dua hari ke depan, permukaan air akan meningkat. Jadi hari ini statusnya siaga," kata Anies di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2017.

Baca: Banjir Rob Terjang Pantai Utara Jakarta

Mantan Menteri Pendidikan RI ini akan memantau perkembangan banjir rob di Ibu Kota. Dia berharap tak ada bencana yang melanda Jakarta.
 
Banjir rob melanda kawasan Jakarta Utara sejak kemarin, 5 Desember 2017. Banjir disebabkan naiknya air laut hingga melebihi tanggul.
 
Peristiwa itu terjadi di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, dan Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Air menggenangi daratan dengan ketinggian bervariasi.
 
Kelurahan yang terdampak di Kecamatan Penjaringan antara lain Penjaringan, Kapuk Muara, dan Kamal Muara. Di Kelurahan Penjaringan, daerah yang terdampak meliputi RW 01, 02, dan 17.
 
Kemudian di Kelurahan Kapuk Muara, daerah yang terdampak meliputi RW 01, di RT 02, 03, dan 04. Air masuk ke perumahan warga sejak pukul 11.00 WIB dengan ketinggian 10-15 sentimeter.

Baca: Tanggul Jebol, Kampung Luar Batang Banjir

"Sementara di Kelurahan Kamal Muara, daerah terdampaknya RW 01 dan 04. Air mulai meluap sejak pukul 07.00 dengan ketinggian 20-30 sentimeter," beber Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta Jupan Royter kepada Medcom.id, Selasa, 5 Desember 2017.
 
Adapun di Kecamatan Grogol Petamburan, hanya RT 07, RW 06, Kelurahan Jelambar Baru, yang terdampak. Air mulai menggenangi daerah itu sekitar pukul 10.00 WIB dengan ketinggian sekitar 20 sentimeter.
 


(FZN)