Ratusan PNS DKI tak Ngantor Usai Libur Panjang

Monica Felicitas Gracia V    •    Selasa, 02 Jan 2018 15:25 WIB
pnspemprov dki
Ratusan PNS DKI tak <i>Ngantor</i> Usai Libur Panjang
Ilsutrasi PNS DKI. Foto: MI/Arya

Jakarta: Sebanyak 825 pegawai negeri sipil (PNS) DKI diketahui tidak masuk kerja usai libur panjang tahun baru. Hal itu diketahui setelah Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI memeriksa absensi elektronik pegawai.
 
Kepala Bidang Pengendalian BKD DKI Jakarta, Komarukmi Sulistyowati, mengatakan tak melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ruang kerja para pegawai.
 
"Tetapi, kami sering melakukan sidak di tempat dengan waktu yang tidak diprediksi, tidak hanya usai liburan. Karena hukuman saat sidak lebih berat, potongan TKD (tunjangan kerja daerah) satu bulan akan dipotong semua. Kalau tidak ada sidak hanya beberapa persen yang dipotong TKD," kata Sulistyowati di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Januari 2018.

Baca: Bukan Cuti Bersama, 2 Januari PNS harus Masuk 

Dari hasil sidak online yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta hari ini diketahui 825 pegawai mengambil cuti, mulai dari cuti tahunan, besar, bersalin, sakit, alasan penting, dan cuti pengganti bersama. Dari hasil tersebut paling banyak 720 pegawai mengambil cuti tahunan.
 
"Kami akan sidak melalui online dulu karena dapat dilihat jika ada yang absen terlalu sempurna, itu bisa jadi ada permainan. Pemantauan dari sidak online dahulu, dari hasil tersebut baru bisa didapatkan data untuk sidak di tempat," jelas Sulistyowati.




(FZN)