Kontribusi Tambahan 15% Reklamasi Berpeluang Masuk Perda

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 11 Oct 2017 14:57 WIB
reklamasi teluk jakarta
Kontribusi Tambahan 15% Reklamasi Berpeluang Masuk Perda
Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi. Foto: MI/Galih

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi memberi sinyal positif soal kewajiban pengembang memberikan kontribusi tambahan sebesar 15 persen di pulau reklamasi. Ia memberi peluang angka tersebut masuk ke rencanan peraturan daerah (raperda) reklamasi.
 
"Kita masukan kontribusi 15 persen dalam Perda. Apa sih 15 persen itu? Itu untuk kepentingan masyarakat," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu 10 Oktober 2017.

Baca: Jokowi Diminta Tunggu Pelantikan Anies-Sandi untuk Bahas Reklamasi

Prasetio menjelaskan, 15 persen kontribusi tambahan itu nantinya dipakai Pemerintah DKI untuk membangun Ibu Kota. Di antaranya, bangun rusun, waduk, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) hingga untuk pembangunan tanggul.
 
"Jadi bukan apa apa, kalau itu tidak dimasukan ke raperda bakal jadi bahan permainan para pengembang," kata Prasetio.

Baca: Luhut Pastikan Anies-Sandi Sepakat Reklamasi Teluk Jakarta Dilanjutkan 

Terkait pembangunan pulau reklamasi, Prasetio menyerahkan hal tersebut kepada pemerintah pusat. DPRD DKI hanya berkewenangan memberikan aturan atas tanah reklamasi yang sudah diuruk.
 
"Kita enggak mikirin reklamasinya, reklamasinya mau kapan itu terserah pemerintah pusat. Tetapi, kalau sudah jadi daratan kan tugas kita pemerintah daerah, kebetulan saya yang buat perda ya dilanjutkan," katanya.




(FZN)