Dirjen Dukcapil Siap Cetak 2,5 Juta KTP-el Tahun ini

Whisnu Mardiansyah    •    Sabtu, 21 Oct 2017 17:03 WIB
pelayanan e-ktpe-ktp
Dirjen Dukcapil Siap Cetak 2,5 Juta KTP-el Tahun ini
Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrullah di Pameran Nusantara Expo 2017, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu 21 Oktober 2017--Metrotvnews.com/Whisnu Mardiansyah

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri mengatakan ada sekitar 2,5 juta data perekaman KTP-el yang siap cetak. Ketersediaan blanko sudah tercukupi di masing-masing daerah.

"Print Ready Record (PART) yang sudah siap cetak sekitar 2,5 juta yang sudah ada," kata Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakhrullah di Pameran Nusantara Expo 2017, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu 21 Oktober 2017.

Ia pun meminta warga cukup mendatangi masing-masing kelurahan dan tempat asalnya untuk meminta KTP-el. Tidak ada masalah lagi dengan ketersediaan blanko.

Sementara itu, dari data terakhir perekaman data KTP-el sudah mendekati angka 96 persen. Artinya, kata Zudan masih ada 8 juta penduduk Indonesia yang belum merekam data KTP-el.

Padahal, kata Zudan, pihaknya sudah memudahkan proses mengurus pembuatan KTP-el. Seperti petugas yang mobile ke wilayah-wilayah dengan pembuatan kolektif.

"Kalau terkumpul 100 orang dalam satu daerah petugasnya yang datang tidak perlu pengantar RT-RW," ujarnya.



Ia pun meminta peran aktif masyarakat untuk datang merekam data diri mereka. Targetnya akhir tahun ini seluruh data perekaman KTP-el tuntas. "Kalau masyarakatnya aktif pasti selesai," tukasnya.

Acara Pameran Nusantara Expo 2017 sendiri diadakan mulai tanggal 18-22 Oktober 2017. Stand Ditjen Dukcapil membuka layanan pencetakan e-KTP bagi warga yang telah memegang Surat Keterangan (Suket). Dengan pra syarat warga membawa Suket dan foto copy kartu keluarga.

Proses pencetakan tak berlangsung instan. Warga harus menunggu sampai satu hari sambil menunggu proses penunggalan identitas.


(YDH)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA