Pilkada Serentak 2017

KPU DKI Dijaga Ketat Ratusan Polisi

Wanda Indana    •    Rabu, 21 Sep 2016 11:00 WIB
pilgub dki 2017
KPU DKI Dijaga Ketat Ratusan Polisi
Gedung KPU DKI. Foto: MTVN/Wanda Indana

Metrotvnews.com, Jakarta: Keamanan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI ditingkatkan. Ratusan personel dari Polres Metro Jakarta Pusat dikerahkan buat mengawal hari pertama pembukaan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta.
 
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Dwiyono mengatakan, pihaknya menerjunkan 364 personel. Dia mengimbau pasangan calon dan parpol pengusung tidak membawa massa pendukung.
 
"‎Kami mengimbau pasangan calon tidak membawa massa pendukungnya. Agar tidak terjadi kemacetan arus lalu lintas di lokasi," kata Dwiyono di Kantor KPUD DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2016).
 
Dwiyono mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk antisipasi adanya aksi di gedung KPU DKI. Satu unit water canon dan baracuda disiagakan di depan gedung KPU DKI.
 
"‎Kita fokus KPUD, soal aksi demo elemen masyarakat sudah memberitahukan dan saat ini masih didalami intelijen kita. Mudah-mudahan bisa berjalan aman," ujar Dwiyono.


 
Pantauan Metrotvnews.com, kondisi lalu lintas di Jalan Salemba Raya depan Gedung KPU DKI tampak lancar. Polisi belum berencana melakukan pengalihan arus.
 
"Untuk arus lalu lintas masih situasional. Semua berjalan bergantung keadaan di lapangan. Belum ada rencana pengalihan arus lalu lintas," kata Dwiyono.
 
Pendaftaran pasangan calon untuk Pilkada serentak 2017 dimulai hari ini. Untuk hari pertama, pendaftaran di KPUD DKI dibuka hingga pukul 16.00 WIB. Sementara di hari terakhir, Jumat 23 September, pendaftaran dibuka hingga pukul 24.00 WIB.
 
Bakal pasangan calon yang mendaftar harus membawa dan menyerahkan dokumen syarat calon dan syarat pencalonan. Juga daftar tim kampanye.
 
Pasangan  Gubernur petahana DKI Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat akan mendaftarkan diri ke KPUD DKI siang ini pukul 13.00 WIB. Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan ikut dalam pendaftaran tersebut.
 
Ahok meminta agar simpatisan dan relawan tidak ikut mengantar dirinya dan Djarot ke KPUD guna meminimalisir kemacetan. Ia mengimbau para simpatisan untuk menonton proses pendaftaran lewat live streaming di akun Facebook-nya.




(FZN)

Video /