Sandi: Equestrian Park Siap untuk Asian Games

Siti Yona Hukmana    •    Sabtu, 14 Jul 2018 11:25 WIB
asian games 2018
Sandi: Equestrian Park Siap untuk Asian Games
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meninjau Jakarta Equestrian Park Jakarta Timur. Sandi nyatakan lapangan pacu kuda siap digunakan untuk Asian Games 2018.

"Atas kerja sama Pulo Mas Jaya, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat, Jakarta Equestrian Park yang akan menjadi venue dari kegiatan equestrian selama Asian Games 2018, pada 14 Juli ini kita nyatakan siap dipakai," kata Sandi di Venue Equestrian, Jalan Pulo Mas Jaya, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Sabtu, 14 Juli 2018.

Sandi mengatakan, pasir di lapangan pacu kuda memiliki ketebalan 12 cm yang diimpor dari Jerman. "Berat kuda 700 kg makanya dilapisi pasir impor dari Jerman dengan campuran serat fiber," ungkap Sandi.

Sementara itu, Atlet pun disebutkan Sandi sudah siap. Ia menyebut, atlet-atlet pacu kuda Indonesia sudah berlatih. "Atlet sudah berlatih. Tadi kita coba sendiri juga dengan bersama-sama atlet dan kesiapan beberapa venue," ujar Sandi.

Konsultan khusus untuk Asian Games Rafiq Radinal mengatakan, ada 13 kuda yang telah disiapkan untuk para atlet. Selebihnya didatangkan dari Eropa.

"Ada 13 (kuda) yang ada di Jakarta dan sebagian dari Eropa langsung. Kuda yang ada di Jakarta akan melewati suatu proses karantina baru masuk ke sini (venue equestrian)," ucapnya.

Baca: Sandi Tegaskan Pentingnya Asian Games untuk Jakarta

Kuda yang dikarantina ini, lanjutnya, guna untuk cek kesehatan agar kondisi kuda di Jakarta sama dengan kondisi kuda yang didatangkan dari Eropa. "(Dari Eropa) Belanda dan Jerman," beber Rafiq.

Panitia Inasgoc itu menyebutkan nantinya ada negara-negara terberat yang akan dilawan oleh atlet Indonesia. Ia ingin para atlet mempersiapkan diri dengan baik. "(Negara Qatar berat, Korea juga cukup berat yang saat ini cukup dominan," terangnya.

Meski begitu, ia mengaku mengandalkan Larasati Gading. Sebab, pernah meraih medali perunggu disiplin dressage (tunggang serasi) kompetisi equestrian Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. "Atlet kita andalan Larasati untuk dressage. Kita masih mengharapkan Larasati. Mudah-mudahan kita bisa mengukir lagi agar dapat emas," pungkasnya.


(YDH)