Uji Coba MRT Sebelum HUT RI

   •    Sabtu, 14 Apr 2018 11:33 WIB
proyek mrt
Uji Coba MRT Sebelum HUT RI
Kereta MRT di Depo MRT Lebak Bulus, Jakarta. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.

Jakarta: PT MRT akan melakukan uji coba transportasi mass rapid transit (MRT) pada Agustus 2018. Saat ini dua rangkaian kereta yang terdiri atas 12 gerbong telah berada di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan.
 
"Yang sekarang kita liat ialah kedatangan dua rangkaian kereta MRT yang pertama, pada Juni nanti disusul rangkaian kereta berikutnya," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar dikutip dari Media Indonesia, Sabtu, 14 April 2018.
 
Sebanyak 14 rangkaian kereta akan tiba pada Juni-Oktober 2018. Setelah itu dilakukan proses pengintegrasikan antara kereta dan tracking system. Bersejarahnya kisah MRT itu membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut hadir menyaksikan kedatangan rangkaian kereta.
 
Dua rangkaian pertama dikirim melalui Pelabuhan Toyohashi, Jepang, pada 7 Maret 2018 dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, 4 April. Satu rangkaian terdiri atas enam gerbong kereta.
 
Setiap gerbong kereta berkapasitas 350 penumpang. Kereta ini merupakan buatan Nippon Sharyo, yang juga membuat kereta cepat Shinkansen milik Jepang.
 
Pantauan Media Indonesia di Depo Lebak Bulus, kepala rangkaian kereta berwarna biru, sementara badannya didominasi warna abu-abu. Setiap gerbong memiliki 50 kursi, termasuk kursi prioritas. Ada pula gantungan tangan yang disediakan untuk para penumpang yang berdiri.

Baca: Anies Tinjau Kereta Pertama MRT Jakarta

Kereta tersebut belum dilengkapi daya listrik. PT MRT berencana mulai menyambungkan listrik di Depo Lebak Bulus sekaligus memastikan performa kereta sesuai dengan pesanan.
 
Mengecek performa
 
"Performanya dicek apakah berfungsi sesuai ekspektasi, apakah pendingin ruangan menyala sesuai suhu yang diharapkan, terangnya lampu, serta fungsi-fungsi ruang masinis berjalan baik," imbuh Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim.
 
Setelah kedatangan dua rangkaian kereta dari Jepang, proses uji coba dimulai Agustus 2018 saat pembangunan fisik MRT telah rampung. Pada saat uji coba, kereta yang telah tiba akan dioperasikan di rel.
 
Saat itulah dicek integrasinya dengan sistem yang dibangun, mulai sistem tracking, persinyalan, daya listrik, hingga konstruksi stasiun. "Uji coba itu disebut integrated testing and commisioning," jelas William.
 
Pengoperasian dijadwal Desember 2018, tetapi tanpa penumpang. Hal itu memastikan keseluruhan sistem yang dibangun berjalan dengan baik. Uji coba tanpa penumpang digelar selama tiga bulan sebelum kereta MRT beroperasi secara komersial pada Maret 2019.
 
Dua rangkaian kereta ini baru sebagian kecil dari total 16 rangkaian yang dipesan PT MRT. Sebanyak 14 rangkaian kereta MRT akan datang secara bertahap dalam rentang Juni hingga Oktober 2018. Pada masa operasional nanti, hanya 14 rangkaian kereta yang dijalankan. Dua rangkaian lagi sebagai cadangan bila terjadi gangguan.




(FZN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA