91 Bidang Lahan Proyek Tol Cijago Belum Diganti Rugi

Kisar Rajaguguk    •    Kamis, 20 Apr 2017 16:22 WIB
tol cijago
91 Bidang Lahan Proyek Tol Cijago Belum Diganti Rugi
Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek jalan Tol Cijago seksi II di kawasan Kukusan, Beji, Depok, Rabu (18/1/2017). Antara Foto/Andika Wahyu/pd/17.

Metrotvnews.com, Depok: Pembayaran ganti rugi lahan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi dua berhenti sejak 2014. Pembangunan Tol Cijago pun mandeg.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Depok Almaini mengatakan anggaran untuk pembebasan lahan belum tersedia di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU Pera). “Pembangunan lanjutan Tol Cijago seksi dua terhenti gara-gara belum dibayar ganti rugi kepada warga pemilik lahan dari sejak 2014," kata Almaini, Kamis 20 April 2017.

BPN Kota Depok akan meminta kepada Kementerian PU Pera secepatnya menggangarkan dana pembebasan lahan tol cijago seksi dua di Kota Depok. Sehingga pembangunan proyek lanjutan bisa selesai sesuai target.

"Kami mengharapkan Kementerian PU Pera dapat secepatnya merealisasikan dana ganti rugi lahan tersebut," ujar Almaini.

Almaini menjelaskan, total lahan yang dibebaskan untuk pembangunan proyek tol cijago Kota Depok sudah mencapai 64,06% dari luas 136,36 hektar. Adapun total bidang yang telah dibebaskan mencapai 2.630 bidang dari 4.020 jumlah bidang di seksi I-II dan III pembangunan Tol Cijago.

"Seksi I yang mulai dari Kecamatan Cimanggis-Kecamatan Sukma Jaya, Kota Depok, sudah selesai dibebaskan dan dibangun. Bahkan sudah dioperasikan sebagai transportasi umum. Seksi II sampai seksi III sebanyak 91 bidang belum diganti rugi sampai saat ini," terangnya.

Menyangkut adanya warga yang tidak mau menerima ganti rugi hasil perhitungan apprasial, Almaini mengatakan, akan diproses sesuai ketentuan. Dia menjelaskan tranparansi mengenai harga berada di tim apprasial.

"BPN Kota Depok dan Kementerian PU Pera sudah tidak bisa ikut campur dalam penentuan harga, karena undang-undangnya mengatur seperti itu."


(TRK)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA