Pemprov DKI Anggarkan Rp1,98 Triliun untuk Normalisasi Sungai

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 15 Nov 2017 18:53 WIB
dki jakartapemprov dki
Pemprov DKI Anggarkan Rp1,98 Triliun untuk Normalisasi Sungai
Normalisasi kali Ciliwung di Bukit Duri - MI/Arya Manggala.

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta memastikan akan melanjutkan proyek normalisasi sungai di ibu kota. Pemprov mengalokasikan anggaran untuk proyek normalisasi dalam RAPBD 2018.

"Alokasi untuk banjir pengelolaan air itu juga Insya Allah akan kita pastikan aman," kata Anies sebelum Rapat Paripurna DPRD di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 15 Desember 2017.

Anggaran sebesar Rp1,98 triliun telah dipersiapkan Pemprov. Alokasi terbesar diperuntukan untuk pengadaan tanah saluran waduk. Proyek ini direncanakan menelan biaya sebesar Rp1,4 triliun.

Pemprov juga menambah jumlah alat berat yang digunakan untuk pengerukan sungai dan kebersihannya. Anggaran dialokasikan sebesar Rp282 miliar.

(Baca juga: Proyek Normalisasi Kurangi Dampak Banjir hingga 12%)

Salah satu kendala mandeknya normalisasi sungai ialah lahan yang belum dibebaskan. Pemprov menganggarkan Rp227 miliar untuk membebaskan lahan warga yang terkena dampak relokasi.

Terkait normalisasi sungai, Anies memfokuskan pada proses pendalaman dan pengerukan sungai. Terkait relokasi warga dari bantaran sungai, Anies masih akan mendiskusikannya.  

“Kita konsentrasi pendalaman sungai dan harapannya kita bisa mengolah air di Jakarta lebih baik sehingga menghindarkan jakarta dari banjir,” pungkas dia.

(Baca juga: Warga Kali Pesanggrahan Minta Anies Contoh Jokowi)
 


(REN)

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

Novanto tak Bisa Gunakan Hak Imunitas DPR

2 hours Ago

Kasus hukum yang menjerat Novanto adalah pidana dan di luar tugas pokok dan fungsi (tupoksi) an…

BERITA LAINNYA