Kadishub DKI Diperiksa Terkait Amdal Lalu Lintas Pulau Reklamasi

Deny Irwanto    •    Jumat, 02 Feb 2018 16:23 WIB
reklamasi teluk jakarta
Kadishub DKI Diperiksa Terkait Amdal Lalu Lintas Pulau Reklamasi
Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah. Foto: MTVN/M Sholahadhin Azhar.

Jakarta: Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya memeriksa Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah. Dia dimintai keterangan terkait izin Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) lalu lintas di pulau reklamasi.
 
"Saya jelaskan, tugas Dishub itu adalah amdal lalin, memberikan rekomtek (rekomendasi teknis) amdal Lalin. Nah rekomendasi teknis itu ada apabila sudah ada bentuknya, sudah ada pulaunya, karena pulaunya belum ada, berarti belum ada yang kita lakukan," kata Andri di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat, 2 Februari 2018.
 
Andri menjelaskan, dirinya tidak ditanyakan mengenai penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Pulau C dan D reklamasi yang diduga bermasalah. Dirinya hanya ditanyakan penyidik seputar amdal lalu lintas.
 
"Ssemua dimintai keterangan. Tetapi dimintai keterangan sesuai dengan porsinya, tupoksinya, kalau bukan tupoksi saya ngapain berikan keterangan yang lain," jelas Andri.

Baca: Luhut tak Masalah Anies-Sandi Hentikan Reklamasi Jakarta

Sebelumnya pemerintah pusat sudah mencabut moratorium pembangunan Pulau C, D, dan G Rekamasi Teluk Jakarta pada 5 Oktober 2017. Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan ambil bagian untuk menyelidiki dugaan pelanggaran reklamasi tersebut.
 
"Data bagaimana reklamasi itu, apa aturan, norma hukum yang mendasari pembangunan reklamasi. Itu semua mau saya dapatkan sekarang," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Adi Deriyan saat dikonfirmasi, Kamis 12 Oktober 2017.
 
Adi mengatakan, Polda Metro Jaya harus mengatahui seluk beluk pembangunan reklamasi lantaran proyek tersebut berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Adi menegaskan, sangat salah jika pihaknya tidak mengetahui mega proyek itu.
 
Menurut Adi, pihaknya akan menyimpulkan hasil penyelidikan proyek reklamasi setelah mendapatkan data. Adi tidak mau berandai-andai dan berspekulasi mengenai dugaan pelanggaran yang terjadi. Namun, dia akan membeberkannya jika penyidik menemukan penyimpangan.




(FZN)

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

3 hours Ago

Fahri membeberkan, di dalam Lapas Nazar memiliki body guard yang bertugas melindungi dan …

BERITA LAINNYA