Yuk! Malam Mingguan di Festival Kota Tua

Tesa Oktiana Surbakti    •    Kamis, 06 Nov 2014 09:28 WIB
pariwisata jakarta
Yuk! Malam Mingguan di Festival Kota Tua
Ilustrasi -- Antara/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Bingung mencari tujuan untuk menghabiskan akhir pekan? Tidak ingin hiburan yang biasa? Kalau begitu, ada baiknya Anda cek ke kawasan Kota Tua.

Pasalnya pada Sabtu dan Minggu, 8-9 November, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar Festival Kota Tua.

Akan ada drama musikal "Palang Dade" yang mengusung penokohan orang asli Betawi, Bang Pii di era 1950-1970-an. Ada pula panggung pertunjukkan musik yang akan diisi oleh grup band kawakan yang pernah berjaya di eranya, Koes Plus.

Tidak kalah seru, band Betawi pun ikut menyumbang musiknya pada acara ini.

"Adapun kesenian musik tradisional asli betawi, gambang kromong," ujar Kepala Seksie Pergelaran dan Pameran Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Barat, Wawan HR, pewarta di lingkungan Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, Rabu (5/11/2014).

Mata penonton pun bakal dimanjakan dengan suguhan tarian khas Betawi yang disajikan oleh delapan sanggar kesenian dari delapan kecamatan di Jakarta Barat.

Tidak ketinggalan, pameran museum juga akan dihadirkan agar masyarakat dapat lebih mengenal sejarah.

"Mengusung nuansa tempo dulu, pengunjung yang datang dipastikan dapat terlarut dalam aroma nostalgia," tukasnya.

Wawan menjelaskan Festival Kota Tua rutin diadakan setiap tahun dan kini telah memasuki penyelenggaran yang kedelapan. Selain bertujuan untuk mempromosikan kawasan wisata Kota Tua yang kini tengah berbenah dalam program revitalisasi, pemerintah berharap gelaran ini mampu memberikan peluang kesempatan kerja bagi para pelaku seni di Ibu Kota.

"Anggaran yang dihabiskan acara ini mencapai Rp250 juta. Oh iya, nanti di panggung hiburan akan diisi dengan lawakan tiga seniman betawi yang kemampuannya sudah tidak diragukan lagi. Ada Bolot, Burhan dan Malih yang tergabung dalam BBM," selorohnya.

Apabila tidak ada halangan, lanjut dia, Festival Kota Tua akan dibuka oleh Plt Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama. Persiapan acara ini sudah mencapai 85 persen.

Wawan menuturkan ada sejumlah kendala yang ditemui saat persiapan. Misalnya saja banyaknya pedagang kaki lima yang sulit diatur serta aksi premanisme yang kerap melakukan pungutan liar terhadap pengunjung. Kendati demikian, jajarannya telah mengerahkan Satpol PP Jakarta Barat yang bekerja sama dengan aparat kepolisian dari jajaran Polres dan Polsek di wilayah Jakarta Barat.


(BOB)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

4 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA